Jumat, 18 Maret 2011

RPP Qur`an Hadis V /II

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1

Mata Pelajaran : Qur`an Hadis
Kelas / Semester : V /II
Alokasi waktu :4 X Pertemuan (8 JP)

Standar Kompetensi : Mampu memahami arti surat-surat tertentu dalam juz
`amma dan memahami hadist tentang taqwa,shalat ber-
jamaah dan ciri-ciri orang munafik

Kompetensi Dasar : Mengenal terjemah surat Al-Qodar.

Indikator :- Melafalkan surat Al-Qadar dengan benar.
- Menyebutkan arti kata dengan benar.
- Menterjemahkan surat Al-Qadar.
- Menjelaskan Pokok kandungan surat Al-Qadar.

Materi Pokok : Terjemahan surat Al-Qadar.

Langkah-langkah pembelajaran :
Pertemuan 1
Indikator : Melafalkan surat Al-Qadar dengan benar.

A.Kegiatan Awal
 Guru menyampaikan materi pada siswa serta membangkitkan keingintahuan siswa.
 Guru membaca surat Al-Qadar dan ditirukan serentak oleh siswa.

B.Kegiatan Inti
 Guru memberi tugas membaca surat Al-Qadar pada siswadengan bacaan benar.
 Guru membuat beberapa kelompok siswa dan memberikan lembaran kertas pada masing-masing kelompok.
 Guru memberi tugas mencari bacaan tajwid pada surat Al-Qadar.

C.Kegiatan Akhir
 Guru memberikan penilaian pada masing-masing hasil kerja kelompok.
 Guru memberikan support pada kelompok yang hasil kerjanya kurang bagus.

Alat / Bahan / Sumber belajar
 Al-Qur`an
 Buku Paket kelas V
 Buku-buku yang relevan
 Kertas kosong

Penilaian
 Performance
 Tes Tulis

Pertemuan 2
Indikator : Menyebutkan arti kata dengan benar.

A.Kegiatan Awal
 Guru memberi salam.
 Guru membacakan surat Al-Qadar ditirukan oleh siswa secara serentak.
B.Kegiatan Inti
 Guru membentuk beberapa kelompok.
 Tiap kelompok diberi tugas mendiskusikan arti kata yang benar.
 Guru membagikan kertas pada masing-masing kelompok.
 Guru menyuruh perwakilan dari masing-masing kelompok untuk mendemonstrasikan hasil kerja mereka.

C.Kegiatan Akhir
 Guru memberikan penilaian.
 Guru menunjukkan arti yang benar.
 Guru memberikan motivasi bagi kelompok yang kurang bagus hasilnya.

Alat / Bahan / Sumber belajar
 Al-Qur`an
 Buku Paket kelas V
 Buku-buku yang relevan
 Kertas kosong

Penilaian
 Performance
 Tes Tulis

Pertemuan 3
Indikator : Menterjemahkan surat Al-Qadar.

A.Kegiatan Awal
 Guru memberi salam.
 Guru membacakan surat Al-Qadar ditirukan oleh siswa secara serentak.
 Guru menerangkan asbabun nuzul surat Al-Qadar.

B.Kegiatan Inti
 Guru menyuruh siswa membuat 5 kelompok.
 Tiap kelompok diberi tugas menterjemahkan 1 ayat.
 Guru menyuruh perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil kerja mereka didepan kelas.

C.Kegiatan Akhir
 Guru memberi penilaian
 Guru memberi pujian bagi kelompok yang benar semua.
 Guru memberi motivasi bagi kelompok yang kurang berhasil.

Alat / Bahan / Sumber belajar
 Al-Qur`an
 Buku Paket kelas V
 Buku-buku yang relevan
 Kertas kosong

Penilaian
 Performance
 Tes Tulis

Petemuan 4
Indikator : Menjelaskan pokok kandungan surat Al-Qadar.

AKegiatan Awal
 Guru membaca surat Al-qadar ditiruka oleh semua siswa.
 Siswa membaca terjemah surat Al- Qadar secara bersama-sama.

B.Kegiatan Inti
 Guru menyuruh siswa berkelompok.
 Guru memberikan lembaran kertas pada masing-masing kelompok.
 Guru menyuruh tiap kelompok untuk mendiskusikan isi surat Al-Qadar.
 Masing-masing kelompok mendemonstrasikan hasil kerjanya.

C.Kegiatan Akhir
 Guru memberikan penilaian.
 Guru memberi motivasi bagi kelompok yang kurang berhasil.

Alat / Bahan / Sumber belajar
 Al-Qur`an
 Buku Paket kelas V
 Buku-buku yang relevan
 Kertas kosong
Penilaian
 Performance
 Tes Tulis

Format Penilaian Kinerja Siswa(Performance)


No
Nama Aspek yang dinilai
Jumlah
Rata2
Ketekunan Kerjasama Keaktifan Daya kritis























Sumenep,…………
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MI. Al barakah




K.H. KHAIRI ( )






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2

Mata Pelajaran : Qur`an Hadis
Kelas / Semester : V /II
Alokasi waktu : 4 X Pertemuan (8 JP)

Standar Kompetensi : Mampu memahami arti surat-surat tertentu dalam juz
`amma dan memahami hadist tentang taqwa,shalat ber-
jamaah dan cirri-ciri orang munafik

Kompetensi Dasar : Hadist tentang taqwa
Indikator :- Melafalkan hadis tentang taqwa..
- Menjelaskan kandungan hadist tentang taqwa.
- Menterjemahkan hadist tentang taqwa.

Materi Pokok : Hadist tentang taqwa

Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Indikator : Melafalkan hadis tentang taqwa.

A.Kegiatan Awal
 Guru menjelaskan materi yang akan diajarkan.
 Guru membacakan hadist tentang taqwa dan siswa mengikutinya.

B.Kegiatan Inti
 Guru membantu siswa untuk membentuk beberapa kelompok.
 Guru memberi hadist tentang taqwa tanpa harakat.
 Tiap kelompok diberi tugas memberi harakat dan mencari sanat dan rawi hadist.
 Perwakilan tiap-tiap kelompok maju dan menunjukkan hasil kerjanya.

C.Kegiatan Akhir
 Guru memberikan penilaian dari masing-masing kelompok.
 Guru memberikan penghargaan dan motivasi bagi kelompok yang paling bagus.

Alat / Bahan / Sumber belajar
 Buku paket Qur`an hadist kelas V
 Buku-buku yang relevan
 Kertas

Penilaian
 Performance
 Tes Tulis

Pertemuan 2
Indikator :Menjelaskan kandungan hadist tentang taqwa.

A.Kegiatan Awal
 Guru menjelaskan pengertian taqwa dan fadhilahnya bagi orang yang bertaqwa.

B.Kegiatan Inti
 Guru membagi lembar kerja dan memberi pertanyaan tentang perbuatan yang menunjukkan taqwa kepada Allah SWT.
 Guru menukar jawaban siswa kepada siswa lain untuk memberikan tanggapan.

C.Kegiatan Akhir
 Guru berdialog dengan siswa tentang hasil kerjanya.
 Guru memberikan kesimpulan tentang kandungan hadist.


Alat / Bahan / Sumber belajar
 Buku paket Qur`an hadist kelas V
 Buku-buku yang relevan
 Kertas



Penilaian
 Performance
 Tes Tulis

Pertemuan 3
Indikator :Menterjemahkan hadist tentang taqwa.

A.Kegiatan Awal
 Guru membacakan hadist tentang taqwa.

B.Kegiatan Inti
 Guru menyuruh siswa secara bergantian menghafal hadist tentang taqwa.
 Guru meminta siswa untuk membentuk kelompok.
 Setiap kelompok diberi tugas untuk menterjemahkan hadist tentang taqwa.
 Perwakilan tiap-tiap kelompok maju dan menunjukkan hasil kerjanya.

C.Kegiatan Akhir
 Guru memberika penilaian.
 Guru membacakan terjemahan yang benar.
 Guru memberi penghargaan pada kelompok yang hasil kerjanya paling bagus.

Alat / Bahan / Sumber belajar
 Buku paket Qur`an hadist kelas V
 Buku-buku yang relevan
 Kertas

Penilaian
 Performance
 Tes Tulis

Pertemuan 4
Indikator :Menterjemahkan hadist tentang taqwa.

A,Kegiatan Awal
 Guru membacakan hadist tentang taqwa dan ditirukan oleh siswa.
 Guru mengajarkan tentang arti-arti lafdhiyah hadist tentang taqwa.

B.Kegiatan Inti
 Siswa membentuk beberapa kelompok.
 Setiap kelompok diberi tugas mencari bacaan tajwid dan arti lafdhiyah dalam hadist tentang taqwa.
 Perwakilan tiap-tiap kelompok maju dan menunjukkan hasil kerjanya.

C.Kegiatan Akhir
 Guru memberikan penilaian dari hasil kerja kelompok.
 Guru memberi tugas menghafal hadist tentang taqwa.

Alat / Bahan / Sumber belajar
 Buku paket Qur`an hadist kelas V
 Buku-buku yang relevan
 Kertas

Penilaian
 Performance
 Tes Tulis









Format Penilaian Kinerja Siswa(Performance)


No
Nama Aspek Yang Dinilai
Jmlh
Rata2
Ketekunan Kerjasama Keaktifan Daya kritis






















Sumenep,…………
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MI. Al barakah




K.H. KHAIRI ( )






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3

Mata Pelajaran : Qur`an Hadis
Kelas / Semester : V /II
Alokasi waktu : 4 X Pertemuan (8 JP)

Standar Kompetensi : Mampu memahami arti surat-surat tertentu dalam juz
`amma dan memahami hadist tentang taqwa,shalat ber-
jamaah dan ciri-ciri orang munafik

Kompetensi Dasar : Memahami hadist tentang shalat berjamaah
Indikator :- Melafalkan hadis tentang shalat berjamaah.
- Menerjemahkan hadist tentang shalat berjamaah.
- Menjelaskan pokok kandungan hadist tentang shalat
berjamaah.

Materi Pokok : Hadist tentang shalat berjamaah

Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1
Indikator : Melafalkan hadis tentang sahalat berjamaah.

A.Kegiatan Awal
 Guru membaca hadist tentang shalat berjamaah dan diikuti oleh siswa secara serentak
 Guru menjelaskan hadist tentang shalat berjamaah.

B.Kegiatan Inti
 Guru menyuruh siswa berkelompok.
 Guru menyiapakan potongan hadist untuk masing-masing kelompok.
 Guru menyuruh masing-masing kelompok mengambil potongan hadist dan menyusunnya secara bergantian (adu kecepatan dan ketepatan)

C.Kegiatan Akhir
 Guru memberikan penilaian terhadap hasil kerja masing-masing kelompok.
 Guru memberi tugas menghafal hadist tentang shalat berjamaah.

Alat / Bahan / Sumber belajar
 Buku paket Qur`an hadist kelas V
 Buku-buku yang relevan
 Kertas

Penilaian
 Performance
 Tes Tulis

Pertemuan 2

Indikator :Menterjemahkan hadist tentang shalat berjamaah.

A.Kegiatan Awal
 Guru membacakan hadist tentang shalat berjamaah diikuti oleh siswa.
 Siswa menghafal hadist tentang shalat berjamaah satu persatu.

B.Kegiatan Inti
 Guru membentuk beberapa kelompok.
 Tiap kelompok diberi tugas menterjemahkan arti kata secara lafdhiyah hadist tentang shalat berjamaah.
 Perwakilan tiap kelompok untuk mendemonstrasikan hasil kerja kelompoknya.

C.Kegiatan Akhir
 Guru memberi penilaian.
 Guru memberi motivasi bagi kelompok yang kurang benar jawabannya.


Alat / Bahan / Sumber belajar
 Buku paket Qur`an hadist kelas V
 Buku-buku yang relevan
 Kertas

Penilaian
 Performance
 Tes Tulis

Pertemuan 3
Indikator : Menterjemahkan hadist tentang shalat berjamaah.

A.Kegiatan Awal
 Guru membacakan hadist tentang shalat berjamaah ditirukan oleh siswa.
 Guru memberi pertanyaan seputar shalat berjamaah dan dijawab oleh siswa.

B.Kegiatan Inti
 Siswa dibuat beberapa kelompok.
 Setiap kelompok diberi tugas menterjemahkan hadist tentang shalat berjamaah.
 Perwakilan tiap kelompok untuk mendemonstrasikan hasil kerja kelompoknya.

C.Kegiatan Akhir
 Guru memberi penilaian.
 Guru memberi motivasi bagi kelompok yang kurang benar jawabannya.

Alat / Bahan / Sumber belajar
 Buku paket Qur`an hadist kelas V
 Buku-buku yang relevan
 Kertas

Penilaian
 Performance
 Tes Tulis

Pertemuan 4
Indikator : Menjelaskan pokok kandunngan hadist tentang shalat berjamaah.

A.Kegiatan Awal
 Guru membacakan hadist tentang shalat berjamaah ditirukan oleh siswa.
 Guru menterjemahkan hadist tentang shalat berjamaah.

B.Kegiatan Inti
 Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
 Tiap kelompok diberi tugas untuk mendiskusikan pokok kandungan hadist tentang shalat berjamaah.
 Perwakilan tiap kelompok untuk mendemonstrasikan hasil kerja kelompoknya.

C.Kegiatan Akhir
 Guru memberi penilaian.
 Guru memberi motivasi bagi kelompok yang kurang benar jawabannya.

Alat / Bahan / Sumber belajar
 Buku paket Qur`an hadist kelas V
 Buku-buku yang relevan
 Kertas

Penilaian
 Performance
 Tes Tulis






Format Penilaian Kinerja Siswa(Performance)


No
Nama Aspek Yang Dinilai
Jmlh
Rata2
Ketekunan Kerjasama Keaktifan Daya kritis

















Sumenep,…………
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MI. Al barakah




K.H. KHAIRI ( )




































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4

Mata Pelajaran : Qur`an Hadis
Kelas / Semester : V /II
Alokasi waktu : 4 X Pertemuan (8 JP)

Standar Kompetensi : Mampu memahami arti surat-surat tertentu dalam juz
`amma dan memahami hadist tentang taqwa,shalat ber-
jamaah dan ciri-ciri orang munafik

Kompetensi Dasar : Memahami hadist tentang orang-orang munafik.
Indikator :- Melafalkan hadis tentang orang-orang munafik.
- Menterjemahkan hadist tentang orang-orang munafik.
- Memahami kandungan hadist tentang cirri-ciri orang
munafik.

Materi Pokok : Hadist tentang ciri-ciri orang munafik.

Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Indikator : Melafalkan hadis tentang orang munafik.

A.Kegiatan Awal
 Guru membaca hadist tentang cirri-ciri orang-orang munafik dan ditirukan oleh siswa secara serentak.
 Guru menjelaskan apa itu orang munafik.

B.Kegiatan Inti
 Guru menyuruh siswa secara bergantian melafalkan hadist tentang cirri-ciri orang munafik.
 Guru memberi pertanyaan tentang cirri-ciri orang munafik.

C.Kegiatan Akhir
 Guru memberi penilaian.
 Guru memberi tugas menghafal hadist tentang cirri-ciri orang munafik.

Alat / Bahan / Sumber belajar
 Buku paket Qur`an hadist kelas V
 Buku-buku yang relevan
 Kertas

Penilaian
 Performance
 Tes Tulis

Pertemuan 2
Indikator : Menterjemahkan hadist tentang cirri-ciri orang munafik.

A.Kegiatan Awal
 Siswa maju satu persatu menghafal hadist tentang cirri-ciri orang munafik.

B.Kegiatan Inti
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
 Setiap kelompok diberi tugas untuk menterjemahkan hadist tentang cirri-ciri orang munafik.
 Perwakilan tiap kelompok untuk maju kedepan membacakan hasil kerja mereka.

C.Kegiatan Akhir
 Guru memberi penilaian.
 Guru memberi tugas menghafal hadist tentang cirri-ciri orang munafik.
Alat / Bahan / Sumber belajar
 Buku paket Qur`an hadist kelas V
 Buku-buku yang relevan
 Kertas


Penilaian
 Performance
 Tes Tulis

Pertemuan 3
Indicator : Memahami kandungan hadist tentang cirri-ciri orang munafik.

A.Kegiatan Awal
 Guru menyuruh siswa untuk membaca hadist tentang cirri-ciri orang munafik beserta terjemahannya.
 Guru memberikan contoh orang munafik dan akibatnya.

B.Kegiatan Inti
 Guru menyuruh siswa untuk membuat kelompok.
 Setiap kelompok menyimpilkan pokok kandungan hadist tentang cirri-ciri orang munafik.
 Perwakilan tiap kelompok maju menyampaikan hasil kerja mereka dan kelompok lain boleh bertanya.

C.Kegiatan Akhir
 Guru memberi penilaian.
 Guru memberikan kesimpulan pokok kandungan hadist yang benar.

Alat / Bahan / Sumber belajar
 Buku paket Qur`an hadist kelas V
 Buku-buku yang relevan
 Kertas

Penilaian
 Performance
 Tes Tulis


Pertemuan 4
Indicator : Memahami kandungan hadist tentang cirri-ciri orang munafik.

A.Kegiatan Awal
 Guru menyuruh siswa untuk membaca hadist tentang cirri-ciri orang munafik beserta terjemahannya.
 Tanya jawab.

B.Kegiatan Inti
 Guru memberika tugas individu pada siswa yaitu memberi soal tentang seputar hadist cirri-ciri orang munafik.
 Siswa menyimpulkan tugasnya di meja guru.

C.Kegiatan Akhir
 Guru memberikan kesempatan kembali pada siswa untuk bertanya mengenai hadist tentang cirri-ciri orang munafik yang kurang jelas.

Alat / Bahan / Sumber belajar
 Buku paket Qur`an hadist kelas V
 Buku-buku yang relevan
 Kertas


Penilaian
 Performance
 Tes Tulis







Format Penilaian Kinerja Siswa(Performance)


No
Nama Aspek Yang Dinilai
Jmlh
Rata2
Ketekunan Kerjasama Keaktifan Daya kritis




















Sumenep,…………
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MI. Al barakah




K.H. KHAIRI ( )
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1

Mata Pelajaran : Qur`an Hadis
Kelas / Semester : V1 /I
Alokasi waktu : 2 X Pertemuan (4 JP)

Standar Kompetensi : Mampu menerapkan ilmu tajwid dalam bacaan
Al-Qur`an.

Kompetensi dasar :

1. Mengaplikasikan Tajwid dalam Al-Qur`an

Indikator :

 Membaca Al-Qur`an dengan fashih dan tartil.( Izhar)
 Mendemonstrasikan bacaan Al-Qur`an sesuai hukum-hukum tajwid dengan benar.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Indikator : Membaca Al-Qur`an dengan fashih dan tartil(IIzhar)

A.Kegiatan Awal
 Guru mengajak siswa bersama-sama membaca ayat Al-Qur`an.

B.Kegiatan Inti
 Guru menerangkan tentang bacaan izhar.
 Siswa mencari contoh bacaan izhar didalam Al-Qur`an yang telah dibaca.

C.Kegiatan Akhir
 Guru memberi tugas pada siswa untuk mencari contoh bacaan izhar di dalam Al-Qur`an.
 Berdo`a.

Alat / Bahan /Sumber belajar
Al-Qur`an
Buku paket kelas VI
Buku tajwid.
Buku-buku yang relevan

Penilaian
Performance
Tes Tulis

Pertemuan 2
Indikator : Mendemonstrasikan bacaan Al-Qur`an sesuai hukum-hukum –
Tajwid dengan benar.

A.Kegiatan Awal
 Guru bertanya tentang bacaan izhar.

B.Kegiatan Inti
 Guru membacakan ayat Al-Qur`an.
 Siswa menirukan bacaan guru.
 Siswa menentukan bacaan izhar di dalam Al-Qur`an

C.Kegiatan Akhir
 Siswa maju satu persatu untuk membaca ayat Al-Qur`an didepan guru.
 Berdo`a.


Alat / Bahan /Sumber belajar
Al-Qur`an
Buku paket kelas VI
Buku tajwid.
Buku-buku yang relevan

Penilaian
Performance
Tes Tulis



Format Penilaian Kinerja Siswa(Performance)


No
Nama Aspek Yang Dinilai
Jmlh
Rata2
Ketekunan Kerjasama Keaktifan Daya kritis





















Sumenep,…………
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MI. Al barakah




K.H. KHAIRI ( )

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2

Mata Pelajaran : Qur`an Hadis
Kelas / Semester : V1 /I
Alokasi waktu : 2 X Pertemuan (4 JP)

Standar Kompetensi : Mampu menerapkan ilmu tajwid dalam bacaan
Al-Qur`an.

Materi pokok : Tajwid dalam bacaan Al-Qur`an
Kompetensi dasar :

1.Mengaplikasikan Tajwid dalam Al-Qur`an

Indikator :

 Membaca Al-Qur`an dengan fashih dan tartil (Ikhfa`).
 Mendemonstrasikan bacaan Al-Qur`an sesuai hukum-hukum tajwid dengan benar.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Indikator : Membaca Al-Qur`an denga fashih dan tartil(Ikhfa`)

A.Kegiatan Awal
 Guru mengajak siswa bersama-sama membaca ayat Al-Qur`an.

B.Kegiatan Inti
 Guru menerangkan tentang bacaan ikhfa`
 Siswa mencari contoh bacaan ikhfa` didalam Al-Qur`an yang telah dibaca.

C.Kegiatan Akhir
 Guru memberi tugas pada siswa untuk mencari contoh bacaan ikhfa` di dalam Al-Qur`an.
 Berdo`a.

Alat / Bahan /Sumber belajar
Al-Qur`an
Buku paket kelas VI
Buku tajwid.
Buku-buku yang relevan

Penilaian
Performance
Tes Tulis


Pertemuan 2
Indikator : Mendemonstrasikan bacaan Al-Qur`an sesuai hukum-hukum –
Tajwid dengan benar.

A.Kegiatan Awal
 Guru bertanya tentang bacaan ikhfa`

B.Kegiatan Inti
 Guru membacakan ayat Al-Qur`an.
 Siswa menirukan bacaan guru.
 Siswa menentukan bacaan iikhfa` di dalam Al-Qur`an

C.Kegiatan Akhir
 Siswa maju satu persatu untuk membaca ayat Al-Qur`an didepan guru.
 Berdo`a.
Alat / Bahan /Sumber belajar
Al-Qur`an
Buku paket kelas VI
Buku tajwid.
Buku-buku yang relevan

Penilaian
Performance
Tes Tulis



Format Penilaian Kinerja Siswa(Performance)


No
Nama Aspek Yang Dinilai
Jmlh
Rata2
Ketekunan Kerjasama Keaktifan Daya kritis




















Sumenep,…………
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MI. Al barakah




K.H. KHAIRI ( )


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3

Mata Pelajaran : Qur`an Hadis
Kelas / Semester : V1 /I
Alokasi waktu : 2 X Pertemuan (4 JP)

Standar Kompetensi : Mampu menerapkan ilmu tajwid dalam bacaan
Al-Qur`an.

Materi pokok : Tajwid dalam bacaan Al-Qur`an
Kompetensi dasar :

1.Mengaplikasikan Tajwid dalam Al-Qur`an

Indikator :

 Membaca Al-Qur`an dengan fashih dan tartil (Idgham)
 Mendemonstrasikan bacaan Al-Qur`an sesuai hukum-hukum tajwid dengan benar.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Indikator : Membaca Al-Qur`an denga fashih dan tartil(Idgham)

A.Kegiatan Awal
 Guru mengajak siswa bersama-sama membaca ayat Al-Qur`an.

B.Kegiatan Inti
 Guru menerangkan tentang bacaan idhgam
 Siswa mencari contoh bacaan idgham didalam Al-Qur`an yang telah dibaca.

C.Kegiatan Akhir
 Guru memberi tugas pada siswa untuk mencari contoh bacaan idgham di dalam Al-Qur`an.
 Berdo`a.

Alat / Bahan /Sumber belajar
Al-Qur`an
Buku paket kelas VI
Buku tajwid.
Buku-buku yang relevan

Penilaian
Performance
Tes Tulis


Pertemuan 2
Indikator : Mendemonstrasikan bacaan Al-Qur`an sesuai hukum-hukum –
Tajwid dengan benar.

A.Kegiatan Awal
 Guru bertanya tentang bacaan idgham

B.Kegiatan Inti
 Guru membacakan ayat Al-Qur`an.
 Siswa menirukan bacaan guru.
 Siswa menentukan bacaan idgham di dalam Al-Qur`an

C.Kegiatan Akhir
 Siswa maju satu persatu untuk membaca ayat Al-Qur`an didepan guru.
 Berdo`a.
Alat / Bahan /Sumber belajar
Al-Qur`an
Buku paket kelas VI
Buku tajwid.
Buku-buku yang relevan

Penilaian
Performance
Tes Tulis



Format Penilaian Kinerja Siswa(Performance)


No
Nama Aspek Yang Dinilai
Jmlh
Rata2
Ketekunan Kerjasama Keaktifan Daya kritis



















Sumenep,…………
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MI. Al barakah




K.H. KHAIRI ( )


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3

Mata Pelajaran : Qur`an Hadis
Kelas / Semester : V1 /I
Alokasi waktu : 4X Pertemuan (8JP)

Standar Kompetensi : Mampu menerapkan kaidah ilmu tajwid dalam bacaan
Al-Qur`an dan memahami lafal dan arti hadis tentang ke
utamaan memberi.
Kompetensi dasar :

 Hadist tentang keutamaan memberi

Indikator :

 Melafalkan hadist tentang keutamaan memberi.
 Menjelaskan kandungan hadist tentang keutamaan memberi.
 Menterjemahkan hadist tentang keutamaan memberi.

Materi pokok : Hadist tentang keutamaan memberi.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Indikator : Melafalkan hadist tentang keutamaan memberi.

A.Kegiatan Awal
Guru menjelaskan materi yang akan diajarkan.
Guru membaca hadist tentang keutamaan memberi dan siwa mengikutinya.

B.Kegiatan Inti
 Guru membantu siswa menjadi beberapa kelompok.
 Guru memberi hadist tentang keutamaan memberi tanpa harakat.
 Tiap kelompok diberi tugas memberi harakat dan mencari sanad dan rawi hadist.
 Perwakilan kelompok maju dan menunjukkan hasil kerjanya.

C.Kegiatan Akhir
Guru memberi panilaian.
Guru memberi pujian dan motivasi bagi kelompok yang nilainya paling bagus.

Alat / Bahan /Sumber belajar
 Buku Qur`a Hadist kelas VI
 Buku-buku yang relevan
 Kertas

Penilaian
 Performance
 Tes Tulis

Pertemuan 2
Indikator : Menjelaskan kandungan hadist tentang keutamaan memberi.

A.Kegiatan Awal
 Guru menjelaskan pengertian keutamaan memberi dan fadhilahnya bagi orang yang memberi.

B.Kegiatan Inti
 Guru membagi lembar kerja dan memberi pertanyaan tentang perbuatan yang menunjukkan keutamaan memberi.
 Guru menukar jawaban siswa kepada siswa lain untuk memberi tanggapan.

C.Kegiatan Akhir
 Guru berdialog dengan siswa tentang hasil kerjanya.
 Guru memberikan kesimpulan tentang kandungan hadist.


Alat / Bahan /Sumber belajar
 Buku Qur`a Hadist kelas VI
 Buku-buku yang relevan
 Kertas

Penilaian
 Performance
 Tes Tulis

Pertemuan 3
Indikator : Menterjemahkan hadist tentang keutamaan memberi.

A.Kegiatan Awal
 Guru membacakan hadist tentang keutamaan memberi.

B.Kegiatan Inti
 Guru menyuruh siswa bergantian menghafal hadist tentang keutamaan memberi.
 Guru menyuruh siswa berkelompok.
 Setiap kelompok diberi tugas menterjemahkan hadist tentang keutamaan memberi.
 Perwakilan kelompok maju membacakan hasil kerja kelompoknya .

C.Kegiatan Akhir
 Guru berdialog dengan siswa tentang hasil kerjanya.
 Guru memberikan kesimpulan tentang kandungan hadist.

Alat / Bahan /Sumber belajar
 Buku Qur`a Hadist kelas VI
 Buku-buku yang relevan
 Kertas

Penilaian
 Performance
 Tes Tulis

Pertemuan 4
Indikator : Menterjemahkan hadist tentang keutamaan memberi.

A.Kegiatan Awal
 Guru membacakan hadist tentang keutamaan memberi.

B.Kegiatan Inti
 Guru menyuruh siswa bergantian menghafal hadist tentang keutamaan memberi.
 Guru menyuruh siswa berkelompok.
 Setiap kelompok diberi tugas menterjemahkan hadist tentang keutamaan memberi.
 Perwakilan kelompok maju membacakan hasil kerja kelompoknya .

C.Kegiatan Akhir
 Guru memberi penilaian.
 Guru membacakan terjemahan yang benar.
 Guru memberi penghargaan pada kelompok yang hasil kerjanya paling bagus.

Alat / Bahan /Sumber belajar
 Buku Qur`a Hadist kelas VI
 Buku-buku yang relevan
 Kertas

Penilaian
 Performance
 Tes Tulis






Format Penilaian Kinerja Siswa(Performance)


No
Nama Aspek Yang Dinilai
Jmlh
Rata2
Ketekunan Kerjasama Keaktifan Daya kritis



















Sumenep,…………
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MI. Al barakah




K.H. KHAIRI ( )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar