RENCANA PEMBELAJARAN
Mata pelajaran : Al-Qur’an Hadits
Kelas/Semester : VI / 2
Waktu :
Standart kompetensi : Mampu menrapkan ilmu tajwid dalam bacaan al-Qur’an, dan memahami lafal dan arti Hadits tentang amal sholeh.
Kompetensi dasar :
1.1. Mengaplikasikan tajwid dalam bacaan al-Qur’an (Fokus bacaan qolqolah)
Indikator
1.1.1 Memahami makna qolqolah dan huruf-huruf qolqolah.
1.1.2 Memahami pengertian qolqolah kubro dan sughro
1.1.3 Mengaplikasikan qolqolah dalam bacaan al-Qur’an
Materi pokok
- Mengaplikasikan tajwid dalam bacaan al-Qur’an dengan baik
Langkah pembelajaran
- Pertemuan 1
- 1.1. Membaca dan mengaplikasikan bacaan qolqolah dan huruf-huruf qolqolah’
A. Kegiatan awal
- Salam Sapa
- Mereview pengertian ilmu tajwid dan hubungannya dengan bacaan al-Qur’an
B. Kegiatan inti
- Siswa membaca materi Qolqolah
- Tanya jawab tentang materi qolqolah
- Mengaplikasikan teori pada materi ke dalam beberapa contoh bacaan al-Qur’an
C. Kegiatan akhir
- Menyimpulkan materi bacaan qolqolah
- Pemberian tugas
- Penutup
D. Sumber belajar
- Buku paket
E. Penilaian
- Test Lisan.
Langkah pembelajaran
- Pertemuan 2
- 1.2. Memahami pengertian qolqolah kubro dan sughro
A. Kegiatan awal
- Salam Sapa
- Mereview materi sebelumnya
B. Kegiatan inti
- Siswa membuat kelompok
- Membaca perbedaan qolqolah kubro dan sughro
- Diskusi dan Tanya jawab
- Mengaplikasikan teori pada materi ke dalam beberapa contoh bacaan al-Qur’an
C. Kegiatan akhir
- Menyimpulkan materi bacaan qolqolah
- Penutup
D. Sumber belajar
- Buku paket
- Al-Qur’an
E. Penilaian
- Test Lisan.
Langkah pembelajaran
- Pertemuan 3
- 1.3. Mengaplikasikan qolqolah dalam bacaan al-Qur’an
A. Kegiatan awal
- Salam Sapa
- Mereview tentang materi Qolqolah dan pembagiannya
B. Kegiatan inti
- Tiap siswa membawa al-Qur’an dan mengaplikasikan bacaan tajwid dalam bacaan al-Qur’an (satu persatu)
C. Kegiatan akhir
- Menyimpulkan materi bacaan qolqolah
- Mengerjakan lembar soal
- Penutup
D. Sumber belajar
- Buku paket
- Al-Qur’an
E. Penilaian
- Test Lisan.
- Test tulis
Sumenep,…………
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MI. Al barakah
K.H. KHAIRI ( )
RENCANA PEMBELAJARAN
Mata pelajaran : Al-Qur’an Hadits
Kelas/Semester : VI / 2
Waktu :
Standart kompetensi : Mampu menrapkan ilmu tajwid dalam bacaan al-Qur’an, dan memahami lafal dan arti Hadits tentang amal sholeh.
Kompetensi dasar :
1.2. Mengaplikasikan tajwid dalam bacaan al-Qur’an (Fokus bacaan Mad)
Indikator
1.2.1 Mengenal bacaan Mad
1.2.2 Mengenal beberapa bacaan Mad
1.2.3 Mengaplikasikan bacaan Mad dalam bacaan al-Qur’an
Materi pokok
- Mengaplikasikan tajwid dalam bacaan al-Qur’an dengan baik
Langkah pembelajaran
- Pertemuan 1
- 1.1. Mengenal bacaan Mad
A. Kegiatan awal
- Salam Sapa
- Mengenalkan siswa tentang bacaan Mad
B. Kegiatan inti
- Siswa membaca materi bacaan Mad
- Tanya jawab dan diskusi tentang materi
- Mengaplikasikan teori pada materi ke dalam beberapa contoh bacaan al-Qur’an
C. Kegiatan akhir
- Menyimpulkan materi bacaan Mad
- Pemberian tugas
- Penutup
D. Sumber belajar
- Buku paket
E. Penilaian
- Test Lisan.
Langkah pembelajaran
- Pertemuan 2
- 1.2.2. Membaca dan mengaplikasikan beberapa bacaan Mad Far’i (Mad wajib Muttasil, Mad jaiz Munfasil, Mad, arid lissukun, Mad Badal)
A. Kegiatan awal
- Salam Sapa
- Mereview materi sebelumnya
B. Kegiatan inti
- Siswa dibagi daam beberapa kelompok
- Membaca dan mendiskusikan beberapa hokum bacaan mad far’i
- Diskusi dan Tanya jawab
- Mengaplikasikan teori pada materi ke dalam beberapa contoh bacaan al-Qur’an
C. Kegiatan akhir
- Menyimpulkan materi
- Penutup
D. Sumber belajar
- Buku paket
- Al-Qur’an
E. Penilaian
- Test Lisan.
Langkah pembelajaran
- Pertemuan 3
- 1.2.2. Membaca dan mengaplikasikan beberapa bacaan Mad Far’i (Mad Iwad, Mad lazim musaqal kilmi, mad lazim mukhafaf kilmi, mad lazim harfi musyabba’, mad layyin, mad lazim mukhafaf kharfi)
-
A. Kegiatan awal
- Salam Sapa
- Mereview materi sebelumnya
B. Kegiatan inti
- Siswa membaca materi
- Tanya jawab dan diskusi
- Mengaplikasikan materi dalam beberapa bacaan al-Qur’an
C. Kegiatan akhir
- Menyimpulkan materi bacaan
- Penutup
D. Sumber belajar
- Buku paket
E. Penilaian
- Test Lisan.
Langkah pembelajaran
- Pertemuan 4
- 1.2.2. Membaca dan mengaplikasikan beberapa bacaan Mad Far’i (Mad Mad silah qosiroh, mad silah thowilah, mad farqu, mad tamkin)
-
A. Kegiatan awal
- Salam Sapa
- Tanya jawab materi sebelumnya
B. Kegiatan inti
- Siswa membaca materi
- Tanya jawab dan diskusi
- Mengaplikasikan materi dalam beberapa bacaan al-Qur’an
C. Kegiatan akhir
- Menyimpulkan materi bacaan mad dan bagian-bagiannya
- Pemberian tugas
- Penutup
D. Sumber belajar
- Buku paket
E. Penilaian
- Test Lisan.
Langkah pembelajaran
- Pertemuan 5
- 1.2.3. Mengaplikasikan bacaan tajwid dalam bacaan al-Qur’an
A. Kegiatan awal
- Salam Sapa
- Tanya jawab materi sebelumnya
B. Kegiatan inti
- Mengaplikasikan bacaan tajwid (focus bacaan Mad) dalam bacaan al-Qur’an
C. Kegiatan akhir
- Menyimpulkan materi bacaan mad dan bagian-bagiannya
- Mengerjakan lembar soal
- Penutup
D. Sumber belajar
- Buku paket
- Al-Qur’an
E. Penilaian
- Test Lisan.
- Test tulis
Sumenep,…………
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MI. Al barakah
K.H. KHAIRI ( )
RENCANA PEMBELAJARAN
Mata pelajaran : Al-Qur’an Hadits
Kelas/Semester : VI / 2
Waktu :
Standart kompetensi : Mampu menerapkan ilmu tajwid dalam bacaan al-Qur’an, dan memahami lafal dan arti Hadits tentang amal sholeh.
Kompetensi dasar :
1.3. Mengaplikasikan tajwid dalam bacaan al-Qur’an (Fokus bacaan Izdhar Syafawi)
Indikator
1.3.1 Mengenal bacaan idzhar syafawi
1.3.2. Mengaplikasikan bacaan tajwi (Fokus bacaan Izdhar Syafawi) dalam bacaan al-Qur’an
Materi pokok
- Mengaplikasikan tajwid dalam bacaan al-Qur’an dengan baik
Langkah pembelajaran
- Pertemuan 1
- 1.1. Membaca dan mengaplikasikan bacaan Izdhar syafawi
A. Kegiatan awal
- Salam Sapa
- Mereview ingatan siswa tentang bacaan izdha (halqi)
B. Kegiatan inti
- Siswa membaca materi
- Tanya jawab tentang materi
- Mengaplikasikan teori pada materi ke dalam beberapa contoh bacaan al-Qur’an
C. Kegiatan akhir
- Menyimpulkan materi
- Pemberian tugas
- Penutup
D. Sumber belajar
- Buku paket
E. Penilaian
- Test Lisan.
Langkah pembelajaran
- Pertemuan 2
- 1.3.2. mendemonstrasikan bacaan tajwid (focus bacan Izdhar syafawi) dalam bacaan al-Qur’an
A. Kegiatan awal
- Salam Sapa
- Mereview materi sebelumnya
B. Kegiatan inti
- Siswa mengaplikasikan bacaan tajwid dalam membaca al-Qur’an.
C. Kegiatan akhir
- Menyimpulkan materi
- Mengerjakan Lembar soal
- Penutup
D. Sumber belajar
- Buku paket
- Al-Qur’an
E. Penilaian
- Test Lisan.
- Test tulis
Sumenep,…………
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala MI Al barakah
K.H. KHAIRI ( )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar