Jumat, 18 Maret 2011

RINCIAN HARI/PEKAN EFEKTIF (RHE)

PERENCANAAN PEMBELAJARAN













Mengembangkan Silabus
Dan Menyusun
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran














FAKULTAS TARBIYAH
IAIN SUNAN AMPEL
SURABAYA
2009












RINCIAN HARI/PEKAN EFEKTIF
TAHUN PELAJARAN 200 /200

Smt Hari Bulan Jumlah
Jul Agt Sep Okt Nop Des Jan
I Senin 2 5 4 1 3 4 3 22
Selasa 2 5 4 3 4 3 21
Rabu 2 4 4 3 4 3 20
Kamis 2 4 5 2 5 3 21
Jumat 2 4 4 2 5 3 20
Sabtu 2 4 4 1 3 5 2 21
Total 12 26 25 2 16 27 17 125

Smt Hari Bulan Jumlah
Jan Peb Mar Apr Mei Jun Jul
II Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
Total



RINCIAN PEKAN EFEKTIF ( RPE )


Satuan Pendidikan : SDN Simo Mulyo I
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : III / I
Alokasi Waktu : 3 x 35 Menit

I. Jumlah Semua Pekan/Pekan Efektif Sekolah PES

a. Hari Mengajar ( RABU)
Hari Juli Agst Sep Okt Nop Des Jan Jumlah
Senin 2 4 4 3 4 3 20

b. Banyaknya Pekan Efektif Sekolah

No Bulan Banyak Pekan Banyak Jam
1 Juli 2 3
2 Agustus 4 3
3 September 4 3
4 Oktober 3
5 Nopember 3 3
6 Desember 4 3
7 Januari 3 3
Jumlah 20 60


II. Jumlah Pekan yang tidak efektif (PTE)

1. Masa Orientasi Siswa = .........1.. Pekan
2. Perayaan 17 agustusan................................... = ....... 1 Pekan
3. ........................................................................ = ........... Pekan
_____________________________________________________
Jumlah = ....2........Pekan (b)


III. Jumlah pekan yang efektif (PEP)

PES (20).(a) – PTE (2) ) =…(PEP) 18 ( Pekan)


IV. Banyaknya jam yang efektif

18 (c) X……3.(d)Jam Pelajaran = 54 Jam Pelajaran



Catatan : (d) Lihat Jadwal Pelajaran


V. Disrtibusi Alokasi Waktu

UTS : 1 x 3 = 3
UAS : 1 x 3 = 3
Uji Kompetensi : 2 x 3 = 6
Cadangan : 1 x 3 = 3
Tatap Muka : 13 x 3 = 39
18 Pekan Efektif =54 jam pelajaran



Distribusi SK/KD
Nomor Urut Standar Kompetensi / Kompetensi Dasar Waktu
1 1.1
2
2
1.2
3 1.3

4 2.1
2.2 2
5 3.1
3.2
3.3 4
6

7
UK 13x3X35 menit
8
Dan seterusnya ………..
Menit










PROGRAM TAHUNAN

MATA PELAJARAN :………………..
TAHUN PELAJARAN : ……………
KELAS /PROGRAM : …………………………………


SEMES
TER
Kompetensi Dasar
ALOKASI
WAKTU
(JAMPEL)
1.1
1.2
1.3
2.1
2.2
UK 1
3.1.
3.2
3.3
4.1
4.2
UTS






UK 2




UAS









JPL

Surabaya, …………………………
Guru Mata Pelajaran,
Mengetahui
Kepala Sekolah


---------------------- ----------------------------


PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran :
Satuan Pendidikan :
Kelas :
Tahun Pelajaran :

No Kompetensi Dasar Materi Pokok Alokasi Waktu
(1) (2) (3) (4)


































Jumlah

Surabaya, ………………………..
Guru Pengampu,



(…………………………………..)

PROGRAM SEMESTER

Mata Pelajaran :
Satuan Pendidikan :
Kelas/ Semester :
Tahun Pelajaran :

No Kompetensi dasar Materi Waktu
(jam) BULAN Ketr
Pokok bahasan Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Januari
Sub. Pokok bahasan
2
2
2






















m
()























SILABUS DAN PENILAIAN

SATUAN PENDIDIKAN : SDN.............
MATAPELAJARAN : Pend Ag Is
Aspek : Al- Qur’an
KELAS/SEMESTER : I/ II
Standar Kompetensi : 6. Menghafal Al-Qur.an surat-surat pendek pilihan




No Kom petensi
Dasar Indikator Kompetensi Pengalaman
Bela jar Materi
Pokok Alokasi
Waktu Penilaian Sumber Belajar
Bentuk Tagihan Jenis
Tagihan Con toh Tagihan





















































6.1 Menghafal Q.S Al-Kautstar dengan lancar 6.1.1 Melafalkan Q.S Al-Kautstar dengan lancar
6.1.2
Surabaya, ………………………..
Guru Pengampu,



(…………………………………..)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


MATAPELAJARAN : ....................................
SATUAN PENDIDIKAN : ....................................
KELAS/SEMESTER : ....................................
Kompetensi Dasar : .....................................
Indikator Kompetensi : 1. .................................
2. .................................
3. ..................................
Alokasi Waktu : .....................................

Materi


_____________________________________________
_____________________________________________

Metode Pembelajaran
_____________________________________________
_____________________________________________
_____________________________________________

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan




Kegiatan Inti



_____________________________________________

Penutup



Media/Alat Peraga



Sumber Belajar



Instrumen Evalausi




Surabaya, …………………………
Guru Mata Pelajaran,
Mengetahui
Kepala Sekolah


---------------------- ----------------------------

Catatan:
Dalam RPP ini lampirkan: lembar kerja siswa, bentuk penggunaan papan tulis, dll.



FEED BACK
MICRO TEACHING

No Materi Saran/Kritik




1. Apa nama strateginya? ……………………………………

Tepatkah langkah-langkahnya?
…………………………………………………………………………………………

Apakah Ada Modifikasi?
………………………………………………………………………………………………………………

2. Apakah tujuan pemb tercapai? ……………………………………

Mengapa tercapai/tidak tercapai?
………………………………………………………………………………………………………………

3.
Organisasi Waktu?
………………………………………………………………………………………………………………





4.
Kelebihan dari penyajian materi?
………………………………………………………………………………………………………………

Kesesuaian dg strategi?
………………………………………………………………………………………………………………

Bahasa Pengantar?
………………………………………………………………………………………………………………

Tempo bicara dan suara?
………………………………………………………………………………………………………………

5.
Penggunaan Media?
………………………………………………………………………………………………………………

6.
Perbaikan dalam hal apa?
………………………………………………………………………………………………………………

Praktikan Observer
Nama: ……………………………………. Nama: ……………………………………
Nim : …………………………………….. Nim : …………………………………….


























FORMAT OBSERVASI
KOMPONEN KETRAMPILAN KEGURUAN
DALAM PENGAJARAN MIKRO

NO KOMPONEN Ya Tidak KET.
1 Membuka dan Menutup
a. Menarik perhatian
b. Menimbulkan motivasi
c. Memberi acuan
d. Menunjukkan kaitan
e. Meninjau kembali
f. Mengevaluasi
g. Memberi dorongan Psikologis
2 Strategi yang Digunakan
a. Ketepatan strategi dengan tujuan Pembelajaran
b. Kesesuaian strategi dalam langkah-langkah pemb.
3 Menjelaskan
a. Orientasi dan motivasi
b. Bahasa (sederhana dan jelas)
c. Pemberian contoh
d. Sistematika penjelasan
e. Variasi dalam penyampaian
f. Balikan (pertanyaan penerapan
4 Variasi
a. Suara
b. Mengarahkan perhatian siswa
c. Kontak mata
d. Ekspresi roman muka
e. Gerakan tangan
f. Posisi guru
g. Pola interaksi
5 Metode
a. Ketepatan memilih media dengan tujuan pemb.
b. Penguasaan teknis penggunaan media
6 Bertanya
a. pertanyaan jelas dan konkrit
b. pertanyaan memberikan waktu berpikir
c. Pemerataan pertanyaan pada siswa
d. Kualitas pertanyaan
7 Reinforcement (Memberi penguatan)
a. Penguatan verbal
b. Penguatan non verbal
c. Variasi penguatan

Surabaya, .................................................
Calon Guru, Observer,


(......................................) (..........................................)


GLOSARIUM
Komponen Silabus;
Silabus menjawab pertanyaan
1. Apa kompetensi yang harus dicapai siswa?
(Standar Kompetensi, Kompetensi dasar, Materi pokok)
2. Bagaimana cara mencapainya?
(Metode, Kegiatan pembelajaran)
3. Bagaimana mengukur keterncapaiannya?
(Indikator Kompetensi, Penilaian)
4. Apa bahan-bahan yang digunakan untuk mencapainya?
(Media, Sumber belajar)
5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya?
(Alokasi waktu)

Standar Kompetensi
1. Pernyataan minimal (memadai) tentang pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang terefleksi dalam kehidupan sehari-hari dalam satu mata pelajaran.
2. Penempatan Standar Kompetensi pada silabus dimaksudkan untuk memandu guru atau pengembang silabus dalam menjabarkan Kompetensi Dasar menjadi kegiatan pembelajaran, sehingga rangkaian kegiatan belajar siswa tidak menyimpang dari koridor kemampuan yang ingin dicapai.

Kompetensi Dasar
Pernyataan minimal (memadai) tentang pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang terefleksi dalam kehidupan sehari-hari pada aspek tertentu dalam sebuah mata pelajaran dalam setiap pokok bahasan).

Indikator Kompetensi ( Penilaian)
Karakteristik, ciri-ciri, perbuatan, atau respon yang harus dilakukan atau ditampilkan oleh siswa, untuk menunjukkan bahwa seorang siswa telah memiliki kompetensi dasar tertentu yang akan diukur dalam penilaian.

Materi Pokok
Pokok bahasan dan sub pokok bahasan untuk mencapai kompetensi dasar

Kegiatan Pembelajaran/Pengalaman Belajar
Pengalaman atau kegiatan yang perlu dilakukan oleh siswa untuk mencapai kompetensi dasar.

Metode
Nama suatu metode dalam teori pembelajaran yang berisi cara-cara untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa

Media Pembelajaran
Alat bantu yang dipakai guru dalam mengajar untuk mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran.

Penilaian
Cara yang biasa dilakukan untuk menentukan mutu unjuk kerja individu atau kelompok dan penafsiran data hasil pengukuran.

Alokasi waktu
Deskripsi waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan proses pembelajaran.

Sumber Belajar
Bahan ajar, buku, benda, atau orang yang dapat dimanfaatkan atau digunakan sumber dalam proses pencapaian kompetensi.






SILABUS DAN PENILAIAN

NAMA SEKOLAH : ...................... ................................
MATAPELAJARAN : ......................................................
KELAS/SEMESTER : ........................................................
STANDAR KOMPETENSI : ..................................................................................................................................



No Kompetensi
Dasar Indi kator Kompetensi Peng alaman
Belajar Materi Pokok Alokasi
Waktu Penilaian Sumber Belajar
Jenis Penilaian Bentuk
Tagihan Contoh Tagihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar