Selasa, 21 Desember 2010

FORMAT SILABUS SILABUS

SILABUS

Nama Madrasah : MI. Al barakah
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : IV /I
Standar Kompetensi : 1. Mampu menghayati kalimat thoyyibah dan sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asma al-Husna ( al- Mu’miin, al-’Adhiim, al-Huda, al- Adlu, al- Hakiim ), meyakini adanya makhluk goib selain malaikat dan berakhlak terpuji serta menghindari akhlak tecela dalam kehidupan sehari-hari.
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK/ MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER/BAHAN/ ALAT
1.1. Meyakini adanya Allah melalui pengenalan terhadap kalimat Thoyyibah. Kalimat thoyyibah Siswa melafalkan kalimat thoyyibah Innalillahi wainna ilaihi rooji’uun dan laahaula walaa quwwata illaa billaah dengan tanpa teks. 1.1.1. Membaca kalimat thoyyibah Innalillahi wainna ilaihi rooji’uun dan laahaula walaa quwwata illaa billaah Tugas Individu, Tugas Kelompok,
Bentuk Instrumen: Uraian Singkat.
3 x pertemuan / 6 jam pelajaran Buku ajar Aqidah Akhlaq untuk MI kelas IV PT Aneka Ilmu cetakan VII/2006, Khot arab bertuliskan Innalillahi wainna ilaihi rooji’uun dan laahaula walaa quwwata illaa billaah. VCD
Siswa mengartikan kalimat thoyyibah Innalillahi wainna ilaihi rooji’uun dan laahaula walaa quwwata illaa billaah. 1.1.2. Membaca kalimat thoyyibah Innalillahi wainna ilaihi rooji’uun beserta artinya
dengan tanpa teks.
Siswa mengucapkan kalimat thoyyibah Innalillahi wainna ilaihi rooji’uun. 1.1.3. Membaca kalimat thoyyibah Laahaula wala quwwata illa billaah. beserta artinya dengan tanpa teks..
Siswa mengucapkan kalimat laahaula walaa quwwata illaa billaah. 1.1.4. Menulis kalimat thoyyibah Innalillahi wainna ilaihi rooji’uun dan laahaula walaa quwwata illaa billaah tanpa melihat teks
1.2. Meyakini adanya Allah melalui pengenalan terhadap sifat- sifat Allah yang terkandung dalam Asma al- Husna ( al- Mu’miin, al- ‘Adhiim, al- Huda, al-‘Adlu, al- Hakiim ) Sifat-sifat Allah dalam asmaul husna Siswa melafalkan arti al- Mu’miin, al-‘Adhiim, al-Huda, al-‘Adlu, al- Hakiim. 1.2.1. Melafalkan arti al- Mu’miin, al- ‘Adhiim, al-Huda, al-‘Adlu, al- Hakiim. Tugas Individu, Tugas Kelompok,
Bentuk Instrumen: Uraian Singkat.
3 x pertemuan / 6 jam pelajaran Buku ajar Aqidah Akhlaq untuk MI kelas IV PT Aneka Ilmu cetakan VII/2006, Khot arab bertuliskan al- Mu’miin, al-‘Adhiim, al-Huda, al-‘Adlu, al- Hakiim, VCD
Siswa menunjukkan contoh dan bukti sederhana bahwa Allah bersifat al- Mu’miin, al-‘Adhiim, al-Huda, al-‘Adlu, al- Hakiim. 1.2.2. Menunjukkan contoh dan bukti sederhana bahwa Allah bersifat al- Mu’miin, al- ‘Adhiim, al-Huda, al-‘Adlu, al- Hakiim.
Siswa menunjukkan contoh perilaku beriman kepada Allah ( dengan sifat al- Mu’miin, al-‘Adhiim, al-Huda, al-‘Adlu, al- Hakiim ) 1.2.3. Menunjukkan contoh perilaku beriman kepada Allah ( dengan sifat al- Mu’miin, al- ‘Adhiim, al-Huda, al-‘Adlu, al- Hakiim )
1.3. Membiasakan berakhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari ( jujur, benar, teguh pendirian, adil dan taat kepada Allah ). Akhlak Terpuji dalam kehidupan sehari-hari. Siswa mengartikan jujur, benar, teguh pendirian, adil dan taat kepada Allah. 1.3.1. Mengartikan jujur, benar, teguh pendirian, adil dan taat kepada Allah. Tugas Individu, Tugas Kelompok,
Bentuk Instrumen: Uraian Singkat.
3 x pertemuan / 6 jam pelajaran Buku ajar Aqidah Akhlaq untuk MI kelas IV PT Aneka Ilmu cetakan VII/2006, gambar orang bersifat jujur, benar, teguh pendirian, adil dan taat kepada Allah, VCD.
Siswa menyebutkan cirri sifat jujur, benar, teguh pendirian, adil dan taat kepada Allah. 1.3.2. Menyebutkan cirri sifat jujur, benar, teguh pendirian, adil dan taat kepada Allah.
Siswa menunjukkan contoh perilaku sikap hidup jujur, benar, teguh pendirian, adil dan taat kepada Allah. 1.3.3. Menunjukkan contoh perilaku sikap hidup jujur, benar, teguh pendirian, adil dan taat kepada Allah.
1.4. Membiasakan diri untuk menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari ( Khianat, Dholiim, Kejam, Tama’, Pemarah). Akhlak Tercela Siswa menyebutkan cirri-ciri sifat Khianat, Dholiim, Kejam, Tama’, Pemarah. 1.4.1. Menyebutkan cirri- ciri sifat Khianat, Dholiim, Kejam, Tama’, Pemarah. Tugas Individu, Tugas Kelompok,
Bentuk Instrumen: Uraian Singkat.
3 x pertemuan / 6 jam pelajaran Buku ajar Aqidah Akhlaq untuk MI kelas IV PT Aneka Ilmu cetakan VII/2006, gambar orang bersifat Khianat, Dholiim, Kejam, Tama’, Pemarah , VCD.
Siswa menunjukkan contoh perilaku orang yang bersifat Khianat, Dholiim, Kejam, 1.4.2. Menunjukkan contoh perilaku orang yang bersifat Khianat, Dholiim, Kejam, Tama’, Pemarah.
Siswa menunjukkan akibat/ kerugian dari sifat Khianat, Siswa Dholiim, Kejam, Tama’, Pemarah. 1.4.3. Menunjukkan akibat/ kerugian dari sifat Khianat, Siswa Dholiim, Kejam, Tama’, Pemarah.
Siswa menyebutkan cara menghindari sifat Khianat, Dholiim, Kejam, Tama’, Pemarah. 1.4.4. Menyebutkan cara menghindari sifat Khianat, Dholiim, Kejam, Tama’, Pemarah.
1.5. Meyakini adanya Makhluk goib selain malaikat Allah. Makhluk Goib. Siswa 1.5.1. Menceritakan tentang kejadian jin dan syetan. Tugas Individu, Tugas Kelompok,
Bentuk Instrumen: Uraian Singkat.
3 x pertemuan / 6 jam pelajaran Buku ajar Aqidah Akhlaq untuk MI kelas IV PT Aneka Ilmu cetakan VII/2006.
Siswa menyebutkan perbedaan antara jin dan syetan. 1.5.2. Menyebutkan perbedaan antara jin dan syetan.
Siswa menunjukkan perilaku beriman terhadap adanya jin dan syetan. 1.5.3. Menunjukkan perilaku beriman terhadap adanya jin dan syetan.
Siswa menyebutkan cara menghindari perilaku jelek karena bisikan syetan. 1.5.4. Menyebutkan cara menghindari perilaku jelek karena bisikan syetan.



Megetahui Ganding .......................
Kepala MI. Al barakah Guru Mata Pelajaran




K. M. KHAIRI (............................................)








SILABUS
Nama Madrasah : MI. Al barakah
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : IV /II
Standar Kompetensi : 2. Meyakini Nabi dan Rosul serta meneladani sifat-sifat-Nya, terbiasa menerapkan adab secara islami ketika beribadah dan bertetangga, serta
meneladani akhlak terpuji dari orang-orang / tokoh dalam kehidupan sehari-hari.
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK/ MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER/BAHAN/ ALAT
2.1. Meyakini adanya Nabi dan Rosul Allah. Iman kepada Nabi dan Rosul. Siswa Menjelaskan nama- nama 25 nabi dan rosul. 2.1.1. Menjelaskan nama- nama 25 nabi dan rosul. Tugas Individu, Tugas Kelompok,
Bentuk Instrumen: Uraian Singkat.
3 x pertemuan / 6 jam pelajaran Buku ajar Aqidah Akhlaq untuk MI kelas IV PT Aneka Ilmu cetakan VII/2006, Khot arab bertuliskan Innalillahi wainna ilaihi rooji’uun dan laahaula walaa quwwata illaa billaah. VCD
Siswa Menyebutkan tugas-tugas nabi dan rosul. 2.1.2. Menyebutkan tugas-tugas nabi dan rosul.
Siswa Menyebutkan bukti sederhana adanya nabi dan rosul. 2.1.3. Menyebutkan bukti sederhana adanya nabi dan rosul.
Siswa Menunjukkan tanda-tanda perasaan cinta dan iman kepada nabi dan rosul Allah. 2.1.4. Menunjukkan tanda-tanda perasaan cinta dan iman kepada nabi dan rosul Allah.
Siswa Meneladani sifat- sifat terpuji nabi dan rosul. 2.1.5. Meneladani sifat- sifat terpuji nabi dan rosul.
2.2. Membiasakan beradab secara islami ketika beribadah. Adab Beribadah Siswa Menjelaskan adab masuk masjid. 2.2.1. Menjelaskan adab masuk masjid. 3 x pertemuan / 6 jam pelajaran
Siswa Menunjukkan contoh sikap yang baik dan yang tidak baik ketika masuk masjid. 2.2.2. Menunjukkan contoh sikap yang baik dan yang tidak baik ketika masuk masjid.
Siswa menunjukkan contoh sikap yang baik dan yang tidak baik ketika membaca alquran didalam masjid. 2.2.3. Menunjukkan contoh sikap yang baik dan yang tidak baik ketika membaca alquran didalam masjid.
Siswa menjelaskan pentingnya bersikap baik dan berperilaku yang baik ketika masuk masjid, dan membaca Alquran. 2.2.4. Menjelaskan pentingnya bersikap baik dan berperilaku yang baik ketika masuk masjid, dan membaca Alquran.
2.3. Membiasakan beradab secara islami dalam kehidupan ber tetangga. Adab bertetangga. Siswa menjelaskan Menyebabkan adab yang baik terhadap tetangga. 2.3.1. Menjelaskan Menyebabkan adab yang baik terhadap tetangga. 3 x pertemuan / 6 jam pelajaran
Siswa menyebutkan contoh-contoh sikap yang baik terhadap tetangga 2.3.2. Menyebutkan contoh-contoh sikap yang baik terhadap tetangga
Siswa Menunjukkan sikap dan cara saling menghormati, menghargai, menyayangi dan saling tolong menolong terhadap tetangga. 2.3.3. Menunjukkan sikap dan cara saling menghormati, menghargai, menyayangi dan saling tolong menolong terhadap tetangga.
2.4. Mencintai dan meneladani orang atau tokoh yang berakhlak mulia ( nabi Musa dan nabi Yusuf ) Sifat dan kepribadian nabi Musa A.S. dan nabi Yusuf A.S. Siswa Menyebutkan sifat keberanian dari kisah keberanian nabi Musa A.S. dan nabi Yusuf A.S. 2.4.1. Menyebutkan sifat keberanian dari kisah keberanian nabi Musa A.S. dan nabi Yusuf A.S. 3 x pertemuan / 6 jam pelajaran
Siswa menyebutkan contoh-contoh bentuk keberanian nabi Musa dan nabi Yusuf. 2.4.2. Menyebutkan contoh-contoh bentuk keberanian nabi Musa dan nabi Yusuf.
Siswa mengungkapkan rasa senang dan cinta mengikuti Sifat nabi Musa dan nabi Yusuf. 2.4.3. Mengungkapkan rasa senang dan cinta mengikuti Sifat nabi Musa dan nabi Yusuf.
Siswa menjelaskan contoh meneladani keberanian nabi Musa dan nabi Yusuf. 2.4.4. Menjelaskan contoh meneladani keberanian nabi Musa dan nabi Yusuf.
2.5. Menghindari sifat-sifat orang / tokoh yang berakhlak tercel ( raja Fir’aun ) Tokoh akhlak tercela ( raja Fir’aun ) Siswa menyebutkan sifat- sifat akhlak tercela dari raja Fir’aun. 2.5.1. Menyebutkan sifat- sifat akhlak tercela dari raja Fir’aun. 3 x pertemuan / 6 jam pelajaran
Siswa menyebutkan sifat tercela raja Fir’aun. 2.5.2. Menyebutkan perbuatan tercela raja Fir’aun.
Siswa menyebutkan cara menghindari akhlak tercela yang dimiliki oleh raja Fir’aun. 2.5.3. menyebutkan cara menghindari akhlak tercela yang dimiliki oleh raja Fir’aun.
Siswa menyebutkan cara untuk berlatih menghindari akhlak tercela dan selalu berakhlak yang baik. 2.5.4. Menyebutkan cara untuk berlatih menghindari akhlak tercela dan selalu berakhlak yang baik.



Megetahui Ganding .......................
Kepala MI. Al barakah Guru Mata Pelajaran





K. M. KHAIRI (............................................)

SILABUS

Nama Madrasah : MI. Al barakah Kelas : V (lima)
Mata Pelajaran : Akidah Ahlak Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : Menghayati thoyyibah dan sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asna Al husna (Ar Rozzak, Al Mugni, Al Fattah, Al Wahhab, Al Sakkur) berakhlak terpuji serta menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi waktu Sumber/ Bahan/ Alat
Bentuk Jenis
1. memahami dan meyakini Allah melalui pengenalan sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Ar Rozzak, Al Mugni, Al Fattah, Al Wahhab, Al Sakkur Sifat-sifat Allah dalam Asma alhusna 1. menyebutkan macam-macam Asma al husna (Al Rozzak, Al Mugni, Al Fattah, Al Wahhab, Al Syakur)
2. menuliskan sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asma Al husna
3. menjelaskan arti Asma Al Husna Al Rozzak, Al Mugni, Al Fattah, Al Wahhab, Al Syakur
4. menunjukkan contoh-contoh dari kandungan makna kalimat Al Rozzak, Al Mugni, Al Fattah, Al Wahhab, Al Syakur
5. Menunjukkan sikap dan prilaku beriman karena Allah bersifat Al Rozzak, Al Mugni, Al Fattah, Al Wahhab, Al Syakur 1.1. melafalkan Asma Al Husna Al Rozzak, Al Mugni, Al Fattah, Al Wahhab, Al Syakur dengan baik dan benar
1.2. menghafal Asma al husna Al Rozzak, Al Mugni, Al Fattah, Al Wahhab, Al Syakur
1.3. mengartikan Asna Al Husna Al Rozzak, Al Mugni, Al Fattah, Al Wahhab, Al Syakur

1.4. menunjukkan contoh dan bukti sederhana Allah bersifat Al Rozzak, Al Mugni, Al Fattah, Al Wahhab, Al Syakur


1.5. Menbiasakan berprilaku beriman bahwa Allah bersifat Al Rozzak, Al Mugni, Al Fattah, Al Wahhab, Al Syakur - Tes
- Non tes - tulis
- Lesan
- Performance 2 Jp - Buku paket
- LKS
- Referensi yang relevan


Megetahui Ganding .......................
Kepala MI. Al barakah Guru Mata Pelajaran




K. M. KHAIRI (............................................)
SILABUS


Nama Madrasah : MI. Al barakah Kelas : V (lima)
Mata Pelajaran : Akidah Ahlak Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : Menghayati thoyyibah dan sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asna Al husna (Ar rozzak, al mugni, al fattah, al wahhab, as sakkur) berakhlak terpuji serta menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi waktu Sumber/ Bahan/ Alat
Bentuk Jenis
2. Membiasakan diri berakhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari (optimis, qonaah, dan tawakkal) Akhlak terpuji 1. menjelaskan arti dari sifat optimis, qonaah, dan tawakkal

2. Siswa dapat menunjukkan akibat /keuntungan dari sifat optimis, qonaah, dan tawakkal


3. Siswa dapat membiasakan diri bersifat optimis, qonaah, dan tawakkal 1.1. menjelaskan sifat-sifat terpuji optimis, qonaah, dan tawakkal

1.2. Menjebutkan ciri-ciri sifat optimis, qonaah, dan tawakkal
1.3. menunjukkan contoh-contoh orang yang bersifat optimis, qonaah, dan tawakkal
1.4. Menunjukkan akibat dari sifat optimis, qonaah, dan tawakkal - Tes
- Non tes - tulis
- Lesan
- Performance 2 Jp - Buku paket
- LKS
- Referensi yang relevan





Megetahui Ganding .......................
Kepala MI. Al barakah Guru Mata Pelajaran





K. M. KHAIRI (............................................)




SILABUS


Nama Madrasah : MI. Al barakah Kelas : V (lima)
Mata Pelajaran : Akidah Ahlak Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : Menghayati thoyyibah dan sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asna Al husna (Ar Rozzak, Al Mugni, Al Fattah, Al Wahhab, Al Sakkur) berakhlak terpuji serta menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi waktu Sumber/ Bahan/ Alat
Bentuk Jenis
3. Membiasakan diri untuk menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari (pesimis, serakah, dan putus asa) Akhlak tercela 1. Menjelaskan arti dari sifat pesimis, serakah, dan putus asa

2. Siswa dapat membiasakan diri menjahui sifat pesimis, serakah, dan putus asa


3. Menunjukkan akibat dari sifat pesimis, serakah, dan putus asa . 1.1. Menjelaskan pengertian sifat pesimis, serakah, dan putus asa


1.2. Menyebutkan ciri-ciri sifat pesimis, serakah, dan putus asa
1.3. Menyebutkan contoh-contoh akibat dari sifat pesimis, serakah, dan putus asa
1.4. Menunjukkan contoh-contoh orang yang sifat pesimis, serakah, dan putus asa.
1.5. membiasakan diri untuk menjahui sifat pesimis, serakah, dan putus asa - Tes
- Non tes - tulis
- Lesan
- Performance 2 Jp - Buku paket
- LKS
- Referensi yang relevan



Megetahui Ganding .......................
Kepala MI. Al barakah Guru Mata Pelajaran





K. M. KHAIRI (............................................)


SILABUS


Nama Madrasah : MI. Al barakah Kelas : V (lima)
Mata Pelajaran : Akidah Ahlak Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : Menghayati thoyyibah dan sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asna Al husna (Ar rozzak, al mugni, al fattah, al wahhab, as sakkur) berakhlak terpuji serta menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi waktu Sumber/ Bahan/ Alat
Bentuk Jenis
4. meyakini Allah melalui pengenalan terhadap kalimat tayyibah (alhamdulillah dan Allhu akbar) Kalimah toyyibah 1. melafalkan kalimah toyyibah dengan baik dan benar


2. menuliskan dan mengartikan kalimah toyyibah



3. membiasakan dengan ucapan Al hamdulillah dan Allahu akbar 1.1. dapat melafalkan kalimah toyyibah alhamdulillah dan Allahu akbar dengan baik dan benar

1.2. menghafalkan kalimat toyyibah (Alhamdulillah dan Allhu akbar )
1.3. mengartikan kalimat toyyibah Alhamdulillah dan Allhu alkbar

1.4. membiasakan mengucap kalimat toyyibah Alhamdulilah dan Allhu akbar dalam kehidupan sehari -hari - Tes
- Non tes - tulis
- Lesan
- Performance 2 Jp - Buku paket
- LKS
- Referensi yang relevan


Megetahui Ganding .......................
Kepala MI. Al barakah Guru Mata Pelajaran





K. M. KHAIRI (............................................)


SILABUS

Nama Madrasah : MI. Al barakah Kelas : V (lima)
Mata Pelajaran : Akidah Ahlak Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi : meneladani dan menerapkan ciri-ciri orang-orang yang beriman dan terbiasa mensyukuri nikmat Allah, menerapkan adab secara islami ketika bekerja dan berbakti kepada orang tua dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber/ Bahan/ Alat
Bentuk Jenis
1. Mencintai dan meneladani ciri-ciri orang yang beriman dalam kehidupan sehari Ciri –ciri orang yang beriman 4. menghafal dalil ciri-ciri orang yang beriman.


5. Mengetahui ciri-ciri orang yang beriman.

6. menunjukkan contoh sifat dan prilaku orang yang beriman dalam kehidupan sehari-hari.


7. Menujjukkan keuntungan memiliki sifat dan prilaku orang yang beriman.
8. memilih sifat dan prilaku sebagai orang yang beriman

9. Meneladani sifat-sifat orang yang beriman dalan kehidupan sehari-hari 1.1. membaca dalil tentang ciri-ciri orang yang beriman
1.2. tanya jawab

2.1. Membaca referensi ciri-ciri orang yang beriman
2.2. tanya jawab
3.1. menunjukkan contoh,sifat dan prilaku orang yang beriman dalam kehidupan seharĂ­-hari.
3.2. Tanya jawab

4.1. mengetahui manfaat memiliki sifat dan prilaku orang yang beriman
4.2. Diskusi
5.1. memiliki sifat dan prilaku sebagai orang yang beriman
5.2. Tanya jawab
1.5. membiasakan mempunyai sifat-sifat orang yang beriman dalam kehidupan seharĂ­-hari
1.6. Tanya jawab - Tes
- Non tes - tulis
- Lesan
- Performance 2 Jp - Buku paket
- LKS
- Referensi yang relevan

Megetahui Ganding .......................
Kepala MI. Al barakah Guru Mata Pelajaran




K. M. KHAIRI (............................................)
SILABUS


Nama Madrasah : MI. Al barakah Kelas : V (lima)
Mata Pelajaran : Akidah Ahlak Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi : meneladani dan menerapkan ciri-ciri orang-orang yang beriman dan terbiasa mensyukuri nikmat Allah, menerapkan adab secara islami ketika bekerja dan berbakti kepada orang tua dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber/ Bahan/ Alat
Bentuk Jenis
2. Mensyukuri nikmat karunia Allah Mensyukuri nikmat karunia Allah 1. menghafal dalil syukur nikmat.


2. Menetahui perbuatan syukur nikmat dan menunjukkan macam-macamnya.
3. menunjukkan orang mensyukuri nikmat Allah dan mengingkarinya serta akibat-akibatnya

4. memiliki sikap dan prilaku mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan sehari-hari 1.1. membaca dalil syukur nikmat
1.2. hafalan syukur nikmat beserta terjemahannya
1.3. tanya jawab
2.1. Membaca referensi syukur nikmat dan macam-macamnya
2.2. tanya jawab
3.1. Membaca cerita tentang mensyukuri nikmat Allah dan yang mengingkarinya serta akibat-akibatnya
3.2. Tanya jawab
4.1. Membaca cerita tentang orang-orang yang berprilaku mensyukuri nikmat Allah
4.2. Tanya jawab - Tes
- Non tes - tulis
- Lesan
- Performance 2 Jp - Buku paket
- LKS
- Referensi yang relevan


Megetahui Ganding .......................
Kepala MI. Al barakah Guru Mata Pelajaran




K. M. KHAIRI (............................................)



SILABUS

Nama Madrasah : MI. Al barakah
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlaq
Kelas / Semester : 6 / I
Standar Kompetensi : Menghayati kalimah thoyibah dan sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Asmaul al-Husna ( al-Amin, al-Samii', al-Bashiir )

Kompetensi Dasar Materi Pokok
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
1 2 3 4 5 6 7
1.1. Meyakini Allah Kalimat 1,1,1, Membaca dengan baik 4 x 2 jam pelajaran
melalui pengenalan Thoyyibah: dan benar Lafadh
terhadap kalimat Astaghfirullahal Astaghfirullaah al-'Adhiim
thoyibah Adhiim. dalam tulisan Arab dan
( Astaghfirullah tulisan Indonesia.
al-Adhiim) 1.1.2. Membaca dengan baik
dan benar Lafadh
Astaghfirullaah al-'Adhiim
tanpa melihat teks.
1.1.3. Mengartikan dengan baik
dan benar Lafadh
Astaghfirullaah al-'Adhiim
1.1.4. Menulis dengan baik
dan benar Lafadh
Astaghfirullaah al-'Adhiim
dalam tulisan Arab dan
tulisan Indonesia.
1.2. Meyakini Allah Asma al-Husna 1.2.1. Membaca dengan baik 6 x 2 jam pelajaran
melalui pengenalan ( al-'Aliim, dan benar Lafadh
al-'Aliim, al-Samii',
terhadap Sifat- al-Samii', al-Bashiir dalam tulisan
sifat Allah al-Bashiir. Arab dan Indonesia.
yang terkandung
dalam Asma 1.2.2. Membaca dengan baik
al- Husna ( al-Aliim, dan benar Lafadh
al-Sami', al-Bashiir ) al-'Aliim, al-Samii',
al-Bashiir.
tanpa melihat teks.
1.2.3. Mengartikan dengan baik
dan benar Lafadh
al-'Aliim, al-Samii',
al-Bashiir.
1.2.4. Menulis dengan baik
dan benar Lafadh
al-'Aliim, al-Samii',
al-Bashiir.
dalam tulisan Arab dan
tulisan Indonesia.
1.2.5. Menunjukkan contoh
dan bukti sederhana
bahwa Allah bersifat
al-'Aliim, al-Samii',
dan al-Bashiir.
1.2.6. Menunjukkan perilaku
beriman bahwa Allah
bersifat al-'Aliim, al-Samii',
dan al-Bashiir.
1.3. Membiasakan diri Akhlak Tercela 1.3.1. Menyebutkan pengertian 5 x 2 jam pelajaran
untuk menghindari dalam Kehidu- hasud dan dengki
akhlaq tercela pan Sehari-hari. 1.3.2. Menunjukkan contoh
dalam kehidupan sifat-sifat orang hasud
sehari-hari ( hasud dan dengki.
dan dengki ). 1.3.3. Menunjukkan manfaat
menghindari sifat hasud
dan dengki.
1.3.4. Menyebutkan akibat dari
orang hasud dan dengki.
1.3.5. Menyebutkan dali-dalil
yang menerangkan
sifat hasud dan dengki.






Megetahui Ganding .......................
Kepala MI. Al barakah Guru Mata Pelajaran





K. M. KHAIRI (............................................)


SILABUS


Nama Madrasah : MI. Al barakah Kelas : VI (enam)
Mata Pelajaran : Akidah Ahlak Semester : 2 (dua)

STANDAR KOMPETENSI : Terbiasa bertaubat, menerapkan adab secara Islami ketika terkena musibah dan meneladani sifat tokoh dari kisah/ cerita orang yang berahklak mulia dalam kehidupan sehari-hari.

No Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber / bahan / alat
Bentuk Jenis
1 Membiasakan bertaubat jika bersalah atau melakukan perbuatan dosa dalam kehidupan sehari-hari Taubat  mengemukakan pengertian taubat  membaca referensi tentang taubat
 menerima penjelasan tentang pengertian taubat menurut bahasa dan istilah
 tenya jawab tentang pengertian taubat Tes
Non tes -Tulis
-Lisan
-Unjuk kerja 2 jp Buku Catak, LKS,
 menunjukkan dalil tentang perintah taubat  membaca dalil tentang taubat
 menulis dalil tentang taubat
 menerjemahkan dalil tentang taubat
 menghafalkan dalil tentang taubat
 melengkapi dalil tentang taubat Tes
Non tes Tulis
-Lisan
-Unjuk kerja 2 jp Buku Catak, LKS,
 menyebutkan macam-macam kesalahan  menulis kesalahan yang pernah dilakukan
 mengelompokkan jenis-jenis kesalahan
 tanya jawab tentang macam-macam kesalahan Tes
Non tes Tulis
-Lisan
-Unjuk kerja 2 jp Buku Catak, LKS,
 menjelaskan cara bertaubat  menyebutkan cara taubat kepada Allah
 menyebutkan cara taubat kepada sesama mauisia
 menyebutkan cara taubat kepada mahluk lain
 menunjukkan waktu bertaubat
 mengucapkan kalimat thayyibah
 tanya jawab tentang taubat Tes
Non tes Tulis
-Lisan
-Unjuk kerja 2 jp Buku Catak, LKS,
 menyebutkan manfaat bertaubat  menulis manfaat taubat yang diketahui
 menyebutkan manfaat taubat
 tanya jawab tentang taubat Tes
Non tes Tulis
-Lisan
-Unjuk kerja 2 jp Buku Catak, LKS,
 membiasakan berperilaku bertaubat dalam kehidupan sehari-hari  meminta maaf setelah melakukan kesalahan
 praktek shalat taubat
 membiasakan membaca istighfar
 membaca doa mohon ampun kepada Allah selesai shalat 5 waktu
 tanya jawab Tes
Non tes Tulis
-Lisan
-Unjuk kerja 2 jp Buku Catak, LKS,


Megetahui Ganding .......................
Kepala MI. Al barakah Guru Mata Pelajaran





K. M. KHAIRI (............................................)






SILABUS

Nama Madrasah : MI. Al barakah Kelas : VI (enam)
Mata Pelajaran : Akidah Ahlak Semester : 2 (dua)
STANDAR KOMPETENSI : Terbiasa bertaubat, menerapkan adab secara Islami ketika terkena musibah dan meneladani sifat tokoh dari kisah/ cerita orang yang berahklak mulia dalam kehidupan sehari-hari.
No Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber / bahan / alat
2 Mencintai dan meneladani sifat tokoh dari kisah atau cerita orang yang berahlak mulia Ashabul Kahfi dan Masyithah  menyebutkan contoh kisah tokoh yang berahlak mulia  menyebutkan kisah-kisah tokoh yang patut diteladani
 membaca kisah Masyitoh dan Ashabul Kahfi
 tanya jawab Tes
Non tes Tulis
-Lisan
-Unjuk kerja 2 jp Buku Catak, LKS,
 menceritakan tokoh-tokoh yang berahlak mulia  menceritakan kembali kisah Masyitoh dan Ashabul Kahfi
 tanya jawab Tes
Non tes Tulis
-Lisan
-Unjuk kerja 2 jp Buku Catak, LKS,
 menyebutkan sikap tokoh yang patut diteladani  menyebutkan macam-macam sikap yang patut diteladani dari kisah Masyitoh dan Ashabul Kahfi
 tanya jawab Tes
Non tes Tulis
-Lisan
-Unjuk kerja 2 jp Buku Catak, LKS,
 meneladani sikap tokoh yang berahlak mulia dalam kehidupan sehari-hari  membiasakan berperilaku seperti Masyitoh dan Ashabul Kahfi
 tanya jawab Tes
Non tes Tulis
-Lisan
-Unjuk kerja 2 jp Buku Catak, LKS,

Megetahui Ganding .......................
Kepala MI. Al barakah Guru Mata Pelajaran



K. M. KHAIRI (............................................)


SILABUS


Nama Madrasah : MI. Al barakah Kelas : VI (enam)
Mata Pelajaran : Akidah Ahlak Semester : 2 (dua)

3. Membiasakan beradab secara islami terhadap orang yang terkena musibah Tolong Menolong  menunjukkan contoh orang yang terkena musibah  menulis contoh-contoh musibah
 tanya jawab Tes
Non tes Tulis
-Lisan
-Unjuk kerja 2 jp Buku Catak, LKS,
 menunjukkan cara membantu orang yang terkena musibah  menyebutkan cara membatu orang yang terkena musibah
 tanya jawab Tes
Non tes Tulis
-Lisan
-Unjuk kerja 2 jp Buku Catak, LKS,
 menyebutkan manfaat membantu orang yang terkena musibah  menyebutkan manfaat membantu orang yang terkena musibah
 tanya jawab Tes
Non tes Tulis
-Lisan
-Unjuk kerja 2 jp Buku Catak, LKS,
 membiasakan berperilaku suka membantu orang yang terkena musibah  membiasakan berperilaku suka membantu orang yang terkena musibah
 praktek cara membantu orang yang terkena musibah
 tanya jawab Tes
Non tes Tulis
-Lisan
-Unjuk kerja 2 jp Buku Catak, LKS,
STANDAR KOMPETENSI : Terbiasa bertaubat, menerapkan adab secara Islami ketika terkena musibah dan meneladani sifat tokoh dari kisah/ cerita orang yang berahklak mulia dalam kehidupan sehari-hari.
No Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber / bahan / alat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar