Rabu, 26 Januari 2011

SATUAN ACARA PERKULIAHAN MEDIA PEMBELAJARAN PGMI

SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MEDIA PEMBELAJARAN PGMI

A. PENGANTAR IDENTITAS
1. Data Pribadi
a. Nama Dosen : Evi Fatimatur Rusydiyah,M.Ag
b. Alamat Kantor : Fak. Tarbiyah IAIN S.A Jl. A.Yani 117 Surabaya
c. Telepon
1. Kantor : (031) 8437893
2. Rumah : (031) 8054955/ HP. 081121635409
3. e-mail : evi_fatimatur@yahoo.com

2. Mata Kuliah
a. Kode Mata Kuliah :
b. Komponen :
c. Fakultas/Jurusan/kls : Tarbiyah/PGMI/CD
d. Bobot : 2 Sks
e. Semester : 3 (tiga)
f. Hari/Jam/Ruang : Sabtu/14.00-15.30/15.30-17.00
B. DISKRIPSI DAN URGENSI MATA KULIAH

Materi Media Pembelajaran akan memberikan gambaran dan pelatihan pada mahasiswa tentang bagaimana mengenal, memilih, menggunakan, mengembangkan media pembelajaran dan membuat alat bantu pembelajaran yang sederhana. Materi perkuliahannya meliputi; pengenalan beberapa media, kriteria pemilihan media pembelajaran, penggunaan, pengembangan media, pembuatan alat bantu pembelajaran yang sederhana, penggunaan dan pengelolaan sumber belajar (lab, perpustakaan dan microteaching) serta konsep evaluasi media pembelajaran.
Sebagai calon pendidik, mahasiswa fakultas Tarbiyah diharapkan dapat membuat dan menggunakan media pendidikan baik umum atau agama sehingga pengalaman mengajar di masyarakat kelak dapat diperkaya dan lebih menarik serta efektif sesuai dengan tujuan pengajaran yang hendak dicaPGMI.


C. KOMPTENSI
NO KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KOMPETENSI
1 Memahami konsep dasar tentang media pembelajaran PGMI

1. Menjelaskan pengertian media pembelajaran
2. Mengkritisi fungsi & manfaat media dalam proses pembelajaran PGMI
3.Menganalisis ruang lingkup materi & urgensinya dalam proses pembelajaran PGMI
2 Memahami tentang jenis-jenis dan karakteristik Media pembelajaran PGMI 1.Menjelaskan jenis dan karakteristik media pembelajaran
2.Mengkritisi jenis dan karakteristik media pembelajaran
3.Menganalisis kelebihan dan kekurangan jenis&karakteristik media pembelajaran
3 Ketepatan memilih media dalam pembelajaran PGMI 1. Memilih media pembelajaran dengan tepat sesuai dengan karakteristik materi pelajaran
2. Memilih media pembelajaran dengan tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran
3. Memilih media pembelajaran dengan tepat sesuai sasaran pembelajaran
4. Menganalisis kriteria pemilihan media pembelajaran
4 Memahami konsep umum sumber belajar sebagai komponen media pembelajaran 1.Menjelaskan pengertian sumber belajar sebagai komponen media pembelajaran
2.Mengklasifikasi macam-macam sumber belajar
3.Menjelaskan faktor/ komponen sumber belajar
4.Menjelaskan fungsi sumber belajar
5.Mengkritisi kriteria pemilihan sumber belajar
5 Memiliki wawasan tentang perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar 1.Menjelaskan pengertian perpustakaan sbg PSB
2.Mengkritisi fungsi, cara penggunaan perpustakaan
3.Menganalisis perpustakaan sebagai PBS, pusat informasi dan inovasi
6 Memahami tentang lingkungan (masyarakat) sbg sumber media pembelajaran Agama 1.Menjelaskan pengertian lingkungan sebagai media pembelajaran dan tujuannya
2.Menjelaskan kelebihan dan kelemahan lingkungan sebagai media pembelajaran
3.Menganalisis jenis & teknik lingkungan sbg media pembel.
7 Memiliki kemampuan memanfaatkan, menggunakan media pembelajaran 1.Membuat Media Sederhana
2.Menggunakan OHP
3.Menggunakan LCD dan Laptop
4.Membuat PowerPoint
5. Memanfaatkan Game Based Computer


8 Memiliki kemampuan mengembangkan media pembel.& membuat media sederhana

1.Menyusun rancangan media pembelajaran sesuai dg kebutuhan & karakteristik siswa
2.Membuat naskah audio dan film
3.Memproduksi media
4.Membuat media audio video
9 Memahami konsep dasar evaluasi media pembelajaran PGMI 1.Menjelaskan ciri-ciri efektif media pembelajaran PGMI
2.Menjelaskan kriteria mengevaluasi media pembelajaran dari kualitas isi, tujuan, kualitas instruksional& teknis
3.Menganalisis ciri dan kriteria evaluasi media pembelajaran
10 Memahami tentang aplikasi media dlm pembel. PGMI Menerapkan jenis-jenis media dlm pembelajaran PGMI sesuai dengan pokok bahasan dan sub pokok bahasan



D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO KEGIATAN PEMBELAJARAN KEGIATAN METODE MEDIA WAKTU
DOSEN MAHASISWA
1 a. a. Pra
b. pembelajaran
















b. Inti
Pembelajaran
















c. Akhir
Pembelajaran a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 4











a.Mengamati jalannya diskusi
b. Mereview hasil diskusi














a. Memberikan motivasi untuk gemar membaca
b. mengabsen a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c.Mengelompok menjadi 4( kel 1 membahas pengertian media, kel 2 membahas fungsi dan manfaat media, kel 3 membahas Latar belakang menggunakan media, dan kel 4 membahas urgensi media dalam pembelajaran



a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian

c.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


d. Dialog interaktif antara mhs dan dosen



a.Menyimak
b. Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Kertas Plano 10 menit

















30 menit






20 menit






20 menit



10 menit
2 a. Pra Pembelajaran
















b. Inti Pembelajaran
















c. Akhir Pembelajaran a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 5










a.Mengamati jalannya diskusi
b. Mereview hasil diskusi














a. Memberikan motivasi untuk
gemar membaca




a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c.Mengelompok menjadi 5( kel 1 membahas media grafis, kel 2 membahas mediafotografis, kel 3 membahas media proyeksi, kel 4 membahas media audio, dan kel 5 membahas media tiga dimensi




a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian

c.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


d. Dialog interaktif antara mhs dan dosen



a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Kertas Plano 10 menit
















30 menit






20 menit





20 menit




10 menit
3 a. Pra Pembelajaran






















b. Inti Pembelajaran


















c.Akhir Pembelajaran a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 5
















a.Mengamati jalannya diskusi
b. Mereview hasil diskusi

















a.Memberi
kan motivasi untuk
gemar membaca

b.Mengab
sen

a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c.Melanjutkan diskusi minggu lalu dan Mengelompok menjadi 5 untuk menganalisa kelemahan dan kelebihan masing-masing media( kel 1 membahas media grafis, kel 2 membahas mediafotografis, kel 3 membahas media proyeksi, kel 4 membahas media audio, dan kel 5 membahas media tiga dimensi



a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian

c.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


d. Dialog interaktif antara mhs dan dosen






a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Kertas Plano 10 menit























30 menit




20 menit





20 menit







10 menit
4 a. Pra Pembelajaran
















b. Inti Pembelajaran


















c. Akhir Pembelajaran a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 3










a.Mengamati jalannya diskusi
b. Mereview hasil diskusi
















a.Memberikan motivasi untuk
gemar membaca
b. Mengab
sen




a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c. Mengelompok menjadi 3 yang membahas tentang 1). Syarat-syarat pemilihan media, 2).Dasar pertimbangan pemilihan media,dan 3).Kreteria pemilihan media





a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian

c.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


d. Dialog interaktif antara mhs dan dosen





a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Kertas Plano 10 menit

















30 menit






20 menit





20 menit





10 menit
5 a. Pra Pembelajaran















b. Inti Pembelajaran


















c. Akhir Pembelajaran a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 3









a.Mengamati jalannya diskusi
b. Mereview hasil diskusi

















a. Memberikan motivasi untuk
gemar membaca
b.Mengabsen




a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c. Mengelompok menjadi 3 yang membahas tentang 1). Pengertian sumber belajar
2). Klasifikasi Sumber belajar
3).Komponen-komponen sumber belajar





a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian

c.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


d. Dialog interaktif antara mhs dan dosen





a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Kertas Plano 10 menit
















30 menit






20 menit





20 menit





10 menit

6 a. Pra Pembelajaran














b. Inti Pembelajaran


















c. Akhir Pembelajaran a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 2








a.Mengamati jalannya diskusi
b. Mereview hasil diskusi
















a. Memberikan motivasi untuk
gemar membaca
b. Mengabsen




a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c. Mengelompok menjadi 2 yang membahas tentang 1). Fungsi dan peranan sumber belajar
2).Kreteria pemilihan sumber belajar





a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian

c.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


d. Dialog interaktif antara mhs dan dosen





a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Kertas Plano 10 menit















30 menit




20 menit





20 menit







10 menit

7 UTS
1.Apa yang Anda ketahui tentang pengertian, jenis dan Fungsi media pembelajaran bagi guru di kelas
2. Apa yang anda ketahui tentang sumber belajar, dan fungsui sumber belajar dalam proses pembelajaran?
3. Buatlah analisis kekurangan dan kekurangan media grafis, fotografis, proyeksi, audio, dan media tiga dimensi


8 a. Pra Pembelajaran









b. Inti Pembelajaran
















c. Akhir Pembelajaran


a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi tentang perpustakaan


a.Mengamati jalannya kinerja mahasiswa di perpustakaan
b. Mereview hasil diskusi











a. Memberikan motivasi untuk
gemar membaca
a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c. Mengajak mahasiswa ke perpustakaan





a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian

b.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


c. Dialog interaktif antara mhs dan dosen




a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil kinerja a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Lembar Tugas








Perpustakaan 10 menit









30 menit





20 menit





20 menit






10 menit

9






















































a. Pra Pembelajaran
























b. Inti Pembelajaran
















c. Akhir Pembelajaran







a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 4



















a.Mengamati jalannya diskusi
b. Mereview hasil diskusi














a. Memberikan motivasi untuk
gemar membaca
b. Mengabsen a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c. Mengelompok menjadi 4 yang membahas tentang 1). Pengertian lingkungan sebagai media pembelajaran
2).Kelebihan dan kelemahan lingkungan sebagai media pembelajaran
3). Jenis Lingkungan sebagai media pembelajaran
4). Teknik menggunakan lingkungan sebagai media pembelajaran



a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang
tersedia, kemudian

c.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


d. Dialog interaktif antara mhs dan dosen




a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Kertas Plano 10 menit

























30 menit



20 menit





20 menit







10 menit











10 a. Pra Pembelajaran















b. Inti Pembelajaran
















c. Akhir Pembelajaran



a.Salam

b. Ramah
Tamah
c.Dosen mengajak mahasiswa ke lab microteaching
mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 4




a.Mengamati jalannya diskusi
b. Mereview hasil diskusi
c. Presentasi bagaiaman menggunakan
lab microteaching dan OHP








a. Memberikan motivasi untuk
gemar membaca
b. Mengabsen a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c. Mengelompok menjadi 4, masing-masing kelompok diinstruksikan membuat tulisan diatas plastik transparan tentang materi PGMI







a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang
tersedia, kemudian

b.secara kelompok mhs presentasi, dilanjutkan dengan praktek menggunakan OHP dan lab microteaching

c. Dialog interaktif antara mhs dan dosen



a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Plastik transparan/
Mika, lab microteaching, OHP 10 menit
















15 menit





30 menit






45 menit





10 menit

11 a. Pra Pembelajaran














b. Inti Pembelajaran

















c. Akhir Pembelajaran



a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mengajak mahasiswa ke lab bahasa dan kemudian
mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 4



a. Presentasi bagaiman menggunakan
lab bahasa















a. Memberikan motivasi untuk
gemar membaca
b. Mengabsen a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c. Mengelompok menjadi 4,












a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang
tersedia, kemudian

b.secara kelompok mhs presentasi, dilanjutkan dengan praktek menggunakan lab bahasa

c. Dialog interaktif antara mhs dan dosen




a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Lab bahasa 10 menit















15 menit




30 menit







45 menit





10 menit

12 a. Pra Pembelajaran












b. Inti Pembelajaran
















c. Akhir Pembelajaran


a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi tentang mengembangkan dan membuat rancangan media


a.Mengamati jalannya kinerja mahasiswa di perpustakaan
b. Mereview hasil diskusi











a. Memberikan motivasi untuk
gemar membaca a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c. Mengelompokkan mahasiswa menjadi 4 kelompok






a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian

c.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


d. Dialog interaktif antara mhs dan dosen




a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil kinerja a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Lembar Tugas








10 menit












30 menit




20 menit





20 menit






10 menit

13 a. Pra Pembelajaran















b. Inti Pembelajaran

















c. Akhir Pembelajaran


a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi tentang evaluasi media pembelajaran







a.Mengamati jalannya kinerja mahasiswa di perpustakaan
b. Mereview hasil diskusi











a.Memberikan motivasi untuk
gemar membaca

b.Mengabsen a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c.Mengelompokkan mahasiswa menjadi 4 kelompok yang membahas tentang
pengertian evaluasi dalam media pembelajaran, ciri-ciri media yang efektif, dan kreteria evaluasi media pembelajaran



a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian


b.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa

c. Dialog interaktif antara mhs dan dosen



a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil kinerja



a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Lembar Tugas








10 menit

















30 menit




20 menit





20 menit






10 menit

14 a. Pra Pembelajaran














b. Inti Pembelajaran

















c. Akhir Pembelajaran


a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi tentang Aplikasi Media Pembelajaran untuk materi PGMI





a.Mengamati jalannya kinerja mahasiswa di perpustakaan
b. Mereview hasil diskusi











a.Memberikan motivasi untuk
gemar membaca

b.Mengabsen a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c.Mengelompokkan mahasiswa menjadi 3 kelompok yang membahas tentang
aplikasi media pembelajaran untuk materi Qur’an-Hadits, SKI, dan Fiqh




a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian


b.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


c. Dialog interaktif antara mhs dan dosen



a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil kinerja a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Lembar Tugas








10 menit















30 menit




20 menit







20 menit




10 menit

15 a. Pra Pembelajaran














b. Inti Pembelajaran















c. Akhir Pembelajaran
a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi tentang Aplikasi Media Pembelajaran untuk materi PGMI





a.Mengamati jalannya kinerja mahasiswa di perpustakaan
b. Mereview hasil diskusi









a.Memberikan motivasi untuk
gemar membaca

b.Mengabsen a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c.Mengelompokkan mahasiswa menjadi 2 kelompok yang membahas tentang
aplikasi media pembelajaran untuk materi Bahasa Arab dan Aqidah Ahlak




a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian


b.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


c. Dialog interaktif antara mhs dan dosen

a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil kinerja a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Lembar Tugas








10 menit















30 menit




20 menit







20 menit



10 menit

16 Minggu Tenang
17 UAS
1. Apa yang anda ketahui tentang pengertian dan fungsi-fungsi Perpustakaan dan Lingkungan sebagai media pembelajaran
2. Apa yang anda ketahui tentang evaluasi dalam media pembelajaran dan kreteria dan cirri-ciri yang efektif dalam media pembelajaran
3. Buatlah analisis kelemahan dan kelebihan lingkungan dan perpustakaan sebagai media pembelajaran

F. LITERATUR

Arsyad, Azhar, Media Pengajaran, Cet. I, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997.
Danim, Sudarwan, Media Komunikasi Pendidikan, Cet. I, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Djamarah, Syaiful Bahri, dkk., Strategi Belajar Mengajar, Cet. I, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.
Darajdat, Zakiah, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Cet. I, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Gilarso, T, dkk., Program Pengalaman Lapangan (Micro Teaching), Yogyakarta: Andi Offset, 1986.
Hamalik, Oemar, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Cet. II, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
____________, Media Pendidikan
Hadimiarjo, Yusuf, Teknologi Komunikasi Pendidikan
Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Ibrahim, R & Nana Syaodih, Perencanaan Pengajaran, Bandung: Rineka Cipta, 2003.
Ibrahim, Media Instruksional
Isbani, Media Pendidikan
Kasiram, Kapita Selekta Pendidikan II
Mukhtar, Desain Pembelajaran PGMI
Nasution, Teknologi Pendidikan, Cet. I, Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
Nurhadi, Mulyani, Sejarah Perpustakaan dan Perkembangannya di Indonesia
Pardede, M.Tjoen, Perpustakaan di Indonesia dari Zaman ke Zaman
Rohani, Ahmad, Media Instruksional Edukatif, Cet. I, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Sadiman, Arief, dkk., Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Cet. V, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
Salma, Dewi, dkk.Mozaik Teknologi Pendidikan
Shalahuddin, Mahfudh, Media Pendidikan Agama, Cet. I, Surabaya: Bina Ilmu, 1986.
Soeprayitno, Seleksi dan Pemanfaatan Media Pembelajaran
Sujana, Nana, Media Pengajaran
Sudjarwo, Beberapa Aspek Pengembangan Sumber Belajar
Zainiyati, Husniyatus Salamah, Diktat Media Pengajaran, Surabaya: Biro Kajian Ilmiah Fak. Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, 2002.
Rusydiyah, Evi Fatimatur. 2008. Media dan Teknologi Pembelajaran. Dakwah Press Surabaya

G. EVALUASI
1. TUGAS : Produk media pembelajaran PGMI
2. UTS
3. UAS
4. Performa : Keaktifan mahasiswa di kelas atau di luar kelas dalam proses perkuliahan


Mengetahui, Surabaya, 02 Maret 2010
Ketua Jurusan PGMI Dosen Pengampu,

Drs. H. Munawir,M.Ag Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag

Tidak ada komentar:

Posting Komentar