Rabu, 26 Januari 2011

SATUAN ACARA PERKULIAHAN MEDIA PEMBELAJARAN PGMI

SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MEDIA PEMBELAJARAN PGMI

A. PENGANTAR IDENTITAS
1. Data Pribadi
a. Nama Dosen : Evi Fatimatur Rusydiyah,M.Ag
b. Alamat Kantor : Fak. Tarbiyah IAIN S.A Jl. A.Yani 117 Surabaya
c. Telepon
1. Kantor : (031) 8437893
2. Rumah : (031) 8054955/ HP. 081121635409
3. e-mail : evi_fatimatur@yahoo.com

2. Mata Kuliah
a. Kode Mata Kuliah :
b. Komponen :
c. Fakultas/Jurusan/kls : Tarbiyah/PGMI/CD
d. Bobot : 2 Sks
e. Semester : 3 (tiga)
f. Hari/Jam/Ruang : Sabtu/14.00-15.30/15.30-17.00
B. DISKRIPSI DAN URGENSI MATA KULIAH

Materi Media Pembelajaran akan memberikan gambaran dan pelatihan pada mahasiswa tentang bagaimana mengenal, memilih, menggunakan, mengembangkan media pembelajaran dan membuat alat bantu pembelajaran yang sederhana. Materi perkuliahannya meliputi; pengenalan beberapa media, kriteria pemilihan media pembelajaran, penggunaan, pengembangan media, pembuatan alat bantu pembelajaran yang sederhana, penggunaan dan pengelolaan sumber belajar (lab, perpustakaan dan microteaching) serta konsep evaluasi media pembelajaran.
Sebagai calon pendidik, mahasiswa fakultas Tarbiyah diharapkan dapat membuat dan menggunakan media pendidikan baik umum atau agama sehingga pengalaman mengajar di masyarakat kelak dapat diperkaya dan lebih menarik serta efektif sesuai dengan tujuan pengajaran yang hendak dicaPGMI.


C. KOMPTENSI
NO KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KOMPETENSI
1 Memahami konsep dasar tentang media pembelajaran PGMI

1. Menjelaskan pengertian media pembelajaran
2. Mengkritisi fungsi & manfaat media dalam proses pembelajaran PGMI
3.Menganalisis ruang lingkup materi & urgensinya dalam proses pembelajaran PGMI
2 Memahami tentang jenis-jenis dan karakteristik Media pembelajaran PGMI 1.Menjelaskan jenis dan karakteristik media pembelajaran
2.Mengkritisi jenis dan karakteristik media pembelajaran
3.Menganalisis kelebihan dan kekurangan jenis&karakteristik media pembelajaran
3 Ketepatan memilih media dalam pembelajaran PGMI 1. Memilih media pembelajaran dengan tepat sesuai dengan karakteristik materi pelajaran
2. Memilih media pembelajaran dengan tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran
3. Memilih media pembelajaran dengan tepat sesuai sasaran pembelajaran
4. Menganalisis kriteria pemilihan media pembelajaran
4 Memahami konsep umum sumber belajar sebagai komponen media pembelajaran 1.Menjelaskan pengertian sumber belajar sebagai komponen media pembelajaran
2.Mengklasifikasi macam-macam sumber belajar
3.Menjelaskan faktor/ komponen sumber belajar
4.Menjelaskan fungsi sumber belajar
5.Mengkritisi kriteria pemilihan sumber belajar
5 Memiliki wawasan tentang perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar 1.Menjelaskan pengertian perpustakaan sbg PSB
2.Mengkritisi fungsi, cara penggunaan perpustakaan
3.Menganalisis perpustakaan sebagai PBS, pusat informasi dan inovasi
6 Memahami tentang lingkungan (masyarakat) sbg sumber media pembelajaran Agama 1.Menjelaskan pengertian lingkungan sebagai media pembelajaran dan tujuannya
2.Menjelaskan kelebihan dan kelemahan lingkungan sebagai media pembelajaran
3.Menganalisis jenis & teknik lingkungan sbg media pembel.
7 Memiliki kemampuan memanfaatkan, menggunakan media pembelajaran 1.Membuat Media Sederhana
2.Menggunakan OHP
3.Menggunakan LCD dan Laptop
4.Membuat PowerPoint
5. Memanfaatkan Game Based Computer


8 Memiliki kemampuan mengembangkan media pembel.& membuat media sederhana

1.Menyusun rancangan media pembelajaran sesuai dg kebutuhan & karakteristik siswa
2.Membuat naskah audio dan film
3.Memproduksi media
4.Membuat media audio video
9 Memahami konsep dasar evaluasi media pembelajaran PGMI 1.Menjelaskan ciri-ciri efektif media pembelajaran PGMI
2.Menjelaskan kriteria mengevaluasi media pembelajaran dari kualitas isi, tujuan, kualitas instruksional& teknis
3.Menganalisis ciri dan kriteria evaluasi media pembelajaran
10 Memahami tentang aplikasi media dlm pembel. PGMI Menerapkan jenis-jenis media dlm pembelajaran PGMI sesuai dengan pokok bahasan dan sub pokok bahasan



D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO KEGIATAN PEMBELAJARAN KEGIATAN METODE MEDIA WAKTU
DOSEN MAHASISWA
1 a. a. Pra
b. pembelajaran
















b. Inti
Pembelajaran
















c. Akhir
Pembelajaran a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 4











a.Mengamati jalannya diskusi
b. Mereview hasil diskusi














a. Memberikan motivasi untuk gemar membaca
b. mengabsen a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c.Mengelompok menjadi 4( kel 1 membahas pengertian media, kel 2 membahas fungsi dan manfaat media, kel 3 membahas Latar belakang menggunakan media, dan kel 4 membahas urgensi media dalam pembelajaran



a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian

c.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


d. Dialog interaktif antara mhs dan dosen



a.Menyimak
b. Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Kertas Plano 10 menit

















30 menit






20 menit






20 menit



10 menit
2 a. Pra Pembelajaran
















b. Inti Pembelajaran
















c. Akhir Pembelajaran a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 5










a.Mengamati jalannya diskusi
b. Mereview hasil diskusi














a. Memberikan motivasi untuk
gemar membaca




a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c.Mengelompok menjadi 5( kel 1 membahas media grafis, kel 2 membahas mediafotografis, kel 3 membahas media proyeksi, kel 4 membahas media audio, dan kel 5 membahas media tiga dimensi




a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian

c.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


d. Dialog interaktif antara mhs dan dosen



a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Kertas Plano 10 menit
















30 menit






20 menit





20 menit




10 menit
3 a. Pra Pembelajaran






















b. Inti Pembelajaran


















c.Akhir Pembelajaran a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 5
















a.Mengamati jalannya diskusi
b. Mereview hasil diskusi

















a.Memberi
kan motivasi untuk
gemar membaca

b.Mengab
sen

a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c.Melanjutkan diskusi minggu lalu dan Mengelompok menjadi 5 untuk menganalisa kelemahan dan kelebihan masing-masing media( kel 1 membahas media grafis, kel 2 membahas mediafotografis, kel 3 membahas media proyeksi, kel 4 membahas media audio, dan kel 5 membahas media tiga dimensi



a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian

c.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


d. Dialog interaktif antara mhs dan dosen






a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Kertas Plano 10 menit























30 menit




20 menit





20 menit







10 menit
4 a. Pra Pembelajaran
















b. Inti Pembelajaran


















c. Akhir Pembelajaran a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 3










a.Mengamati jalannya diskusi
b. Mereview hasil diskusi
















a.Memberikan motivasi untuk
gemar membaca
b. Mengab
sen




a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c. Mengelompok menjadi 3 yang membahas tentang 1). Syarat-syarat pemilihan media, 2).Dasar pertimbangan pemilihan media,dan 3).Kreteria pemilihan media





a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian

c.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


d. Dialog interaktif antara mhs dan dosen





a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Kertas Plano 10 menit

















30 menit






20 menit





20 menit





10 menit
5 a. Pra Pembelajaran















b. Inti Pembelajaran


















c. Akhir Pembelajaran a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 3









a.Mengamati jalannya diskusi
b. Mereview hasil diskusi

















a. Memberikan motivasi untuk
gemar membaca
b.Mengabsen




a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c. Mengelompok menjadi 3 yang membahas tentang 1). Pengertian sumber belajar
2). Klasifikasi Sumber belajar
3).Komponen-komponen sumber belajar





a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian

c.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


d. Dialog interaktif antara mhs dan dosen





a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Kertas Plano 10 menit
















30 menit






20 menit





20 menit





10 menit

6 a. Pra Pembelajaran














b. Inti Pembelajaran


















c. Akhir Pembelajaran a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 2








a.Mengamati jalannya diskusi
b. Mereview hasil diskusi
















a. Memberikan motivasi untuk
gemar membaca
b. Mengabsen




a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c. Mengelompok menjadi 2 yang membahas tentang 1). Fungsi dan peranan sumber belajar
2).Kreteria pemilihan sumber belajar





a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian

c.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


d. Dialog interaktif antara mhs dan dosen





a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Kertas Plano 10 menit















30 menit




20 menit





20 menit







10 menit

7 UTS
1.Apa yang Anda ketahui tentang pengertian, jenis dan Fungsi media pembelajaran bagi guru di kelas
2. Apa yang anda ketahui tentang sumber belajar, dan fungsui sumber belajar dalam proses pembelajaran?
3. Buatlah analisis kekurangan dan kekurangan media grafis, fotografis, proyeksi, audio, dan media tiga dimensi


8 a. Pra Pembelajaran









b. Inti Pembelajaran
















c. Akhir Pembelajaran


a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi tentang perpustakaan


a.Mengamati jalannya kinerja mahasiswa di perpustakaan
b. Mereview hasil diskusi











a. Memberikan motivasi untuk
gemar membaca
a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c. Mengajak mahasiswa ke perpustakaan





a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian

b.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


c. Dialog interaktif antara mhs dan dosen




a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil kinerja a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Lembar Tugas








Perpustakaan 10 menit









30 menit





20 menit





20 menit






10 menit

9






















































a. Pra Pembelajaran
























b. Inti Pembelajaran
















c. Akhir Pembelajaran







a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 4



















a.Mengamati jalannya diskusi
b. Mereview hasil diskusi














a. Memberikan motivasi untuk
gemar membaca
b. Mengabsen a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c. Mengelompok menjadi 4 yang membahas tentang 1). Pengertian lingkungan sebagai media pembelajaran
2).Kelebihan dan kelemahan lingkungan sebagai media pembelajaran
3). Jenis Lingkungan sebagai media pembelajaran
4). Teknik menggunakan lingkungan sebagai media pembelajaran



a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang
tersedia, kemudian

c.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


d. Dialog interaktif antara mhs dan dosen




a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Kertas Plano 10 menit

























30 menit



20 menit





20 menit







10 menit











10 a. Pra Pembelajaran















b. Inti Pembelajaran
















c. Akhir Pembelajaran



a.Salam

b. Ramah
Tamah
c.Dosen mengajak mahasiswa ke lab microteaching
mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 4




a.Mengamati jalannya diskusi
b. Mereview hasil diskusi
c. Presentasi bagaiaman menggunakan
lab microteaching dan OHP








a. Memberikan motivasi untuk
gemar membaca
b. Mengabsen a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c. Mengelompok menjadi 4, masing-masing kelompok diinstruksikan membuat tulisan diatas plastik transparan tentang materi PGMI







a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang
tersedia, kemudian

b.secara kelompok mhs presentasi, dilanjutkan dengan praktek menggunakan OHP dan lab microteaching

c. Dialog interaktif antara mhs dan dosen



a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Plastik transparan/
Mika, lab microteaching, OHP 10 menit
















15 menit





30 menit






45 menit





10 menit

11 a. Pra Pembelajaran














b. Inti Pembelajaran

















c. Akhir Pembelajaran



a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mengajak mahasiswa ke lab bahasa dan kemudian
mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 4



a. Presentasi bagaiman menggunakan
lab bahasa















a. Memberikan motivasi untuk
gemar membaca
b. Mengabsen a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c. Mengelompok menjadi 4,












a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang
tersedia, kemudian

b.secara kelompok mhs presentasi, dilanjutkan dengan praktek menggunakan lab bahasa

c. Dialog interaktif antara mhs dan dosen




a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Lab bahasa 10 menit















15 menit




30 menit







45 menit





10 menit

12 a. Pra Pembelajaran












b. Inti Pembelajaran
















c. Akhir Pembelajaran


a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi tentang mengembangkan dan membuat rancangan media


a.Mengamati jalannya kinerja mahasiswa di perpustakaan
b. Mereview hasil diskusi











a. Memberikan motivasi untuk
gemar membaca a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c. Mengelompokkan mahasiswa menjadi 4 kelompok






a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian

c.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


d. Dialog interaktif antara mhs dan dosen




a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil kinerja a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Lembar Tugas








10 menit












30 menit




20 menit





20 menit






10 menit

13 a. Pra Pembelajaran















b. Inti Pembelajaran

















c. Akhir Pembelajaran


a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi tentang evaluasi media pembelajaran







a.Mengamati jalannya kinerja mahasiswa di perpustakaan
b. Mereview hasil diskusi











a.Memberikan motivasi untuk
gemar membaca

b.Mengabsen a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c.Mengelompokkan mahasiswa menjadi 4 kelompok yang membahas tentang
pengertian evaluasi dalam media pembelajaran, ciri-ciri media yang efektif, dan kreteria evaluasi media pembelajaran



a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian


b.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa

c. Dialog interaktif antara mhs dan dosen



a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil kinerja



a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Lembar Tugas








10 menit

















30 menit




20 menit





20 menit






10 menit

14 a. Pra Pembelajaran














b. Inti Pembelajaran

















c. Akhir Pembelajaran


a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi tentang Aplikasi Media Pembelajaran untuk materi PGMI





a.Mengamati jalannya kinerja mahasiswa di perpustakaan
b. Mereview hasil diskusi











a.Memberikan motivasi untuk
gemar membaca

b.Mengabsen a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c.Mengelompokkan mahasiswa menjadi 3 kelompok yang membahas tentang
aplikasi media pembelajaran untuk materi Qur’an-Hadits, SKI, dan Fiqh




a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian


b.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


c. Dialog interaktif antara mhs dan dosen



a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil kinerja a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Lembar Tugas








10 menit















30 menit




20 menit







20 menit




10 menit

15 a. Pra Pembelajaran














b. Inti Pembelajaran















c. Akhir Pembelajaran
a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi tentang Aplikasi Media Pembelajaran untuk materi PGMI





a.Mengamati jalannya kinerja mahasiswa di perpustakaan
b. Mereview hasil diskusi









a.Memberikan motivasi untuk
gemar membaca

b.Mengabsen a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c.Mengelompokkan mahasiswa menjadi 2 kelompok yang membahas tentang
aplikasi media pembelajaran untuk materi Bahasa Arab dan Aqidah Ahlak




a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian


b.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


c. Dialog interaktif antara mhs dan dosen

a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil kinerja a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Lembar Tugas








10 menit















30 menit




20 menit







20 menit



10 menit

16 Minggu Tenang
17 UAS
1. Apa yang anda ketahui tentang pengertian dan fungsi-fungsi Perpustakaan dan Lingkungan sebagai media pembelajaran
2. Apa yang anda ketahui tentang evaluasi dalam media pembelajaran dan kreteria dan cirri-ciri yang efektif dalam media pembelajaran
3. Buatlah analisis kelemahan dan kelebihan lingkungan dan perpustakaan sebagai media pembelajaran

F. LITERATUR

Arsyad, Azhar, Media Pengajaran, Cet. I, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997.
Danim, Sudarwan, Media Komunikasi Pendidikan, Cet. I, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Djamarah, Syaiful Bahri, dkk., Strategi Belajar Mengajar, Cet. I, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.
Darajdat, Zakiah, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Cet. I, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Gilarso, T, dkk., Program Pengalaman Lapangan (Micro Teaching), Yogyakarta: Andi Offset, 1986.
Hamalik, Oemar, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Cet. II, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
____________, Media Pendidikan
Hadimiarjo, Yusuf, Teknologi Komunikasi Pendidikan
Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Ibrahim, R & Nana Syaodih, Perencanaan Pengajaran, Bandung: Rineka Cipta, 2003.
Ibrahim, Media Instruksional
Isbani, Media Pendidikan
Kasiram, Kapita Selekta Pendidikan II
Mukhtar, Desain Pembelajaran PGMI
Nasution, Teknologi Pendidikan, Cet. I, Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
Nurhadi, Mulyani, Sejarah Perpustakaan dan Perkembangannya di Indonesia
Pardede, M.Tjoen, Perpustakaan di Indonesia dari Zaman ke Zaman
Rohani, Ahmad, Media Instruksional Edukatif, Cet. I, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Sadiman, Arief, dkk., Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Cet. V, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
Salma, Dewi, dkk.Mozaik Teknologi Pendidikan
Shalahuddin, Mahfudh, Media Pendidikan Agama, Cet. I, Surabaya: Bina Ilmu, 1986.
Soeprayitno, Seleksi dan Pemanfaatan Media Pembelajaran
Sujana, Nana, Media Pengajaran
Sudjarwo, Beberapa Aspek Pengembangan Sumber Belajar
Zainiyati, Husniyatus Salamah, Diktat Media Pengajaran, Surabaya: Biro Kajian Ilmiah Fak. Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, 2002.
Rusydiyah, Evi Fatimatur. 2008. Media dan Teknologi Pembelajaran. Dakwah Press Surabaya

G. EVALUASI
1. TUGAS : Produk media pembelajaran PGMI
2. UTS
3. UAS
4. Performa : Keaktifan mahasiswa di kelas atau di luar kelas dalam proses perkuliahan


Mengetahui, Surabaya, 02 Maret 2010
Ketua Jurusan PGMI Dosen Pengampu,

Drs. H. Munawir,M.Ag Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MEDIA PEMBELAJARAN PGMI

A. PENGANTAR IDENTITAS
1. Data Pribadi
a. Nama Dosen : Evi Fatimatur Rusydiyah,M.Ag
b. Alamat Kantor : Fak. Tarbiyah IAIN S.A Jl. A.Yani 117 Surabaya
c. Telepon
1. Kantor : (031) 8437893
2. Rumah : (031) 8054955/ HP. 081121635409
3. e-mail : evi_fatimatur@yahoo.com

2. Mata Kuliah
a. Kode Mata Kuliah :
b. Komponen :
c. Fakultas/Jurusan/kls : Tarbiyah/PGMI/CD
d. Bobot : 2 Sks
e. Semester : 3 (tiga)
f. Hari/Jam/Ruang : Sabtu/14.00-15.30/15.30-17.00
B. DISKRIPSI DAN URGENSI MATA KULIAH

Materi Media Pembelajaran akan memberikan gambaran dan pelatihan pada mahasiswa tentang bagaimana mengenal, memilih, menggunakan, mengembangkan media pembelajaran dan membuat alat bantu pembelajaran yang sederhana. Materi perkuliahannya meliputi; pengenalan beberapa media, kriteria pemilihan media pembelajaran, penggunaan, pengembangan media, pembuatan alat bantu pembelajaran yang sederhana, penggunaan dan pengelolaan sumber belajar (lab, perpustakaan dan microteaching) serta konsep evaluasi media pembelajaran.
Sebagai calon pendidik, mahasiswa fakultas Tarbiyah diharapkan dapat membuat dan menggunakan media pendidikan baik umum atau agama sehingga pengalaman mengajar di masyarakat kelak dapat diperkaya dan lebih menarik serta efektif sesuai dengan tujuan pengajaran yang hendak dicaPGMI.


C. KOMPTENSI
NO KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KOMPETENSI
1 Memahami konsep dasar tentang media pembelajaran PGMI

1. Menjelaskan pengertian media pembelajaran
2. Mengkritisi fungsi & manfaat media dalam proses pembelajaran PGMI
3.Menganalisis ruang lingkup materi & urgensinya dalam proses pembelajaran PGMI
2 Memahami tentang jenis-jenis dan karakteristik Media pembelajaran PGMI 1.Menjelaskan jenis dan karakteristik media pembelajaran
2.Mengkritisi jenis dan karakteristik media pembelajaran
3.Menganalisis kelebihan dan kekurangan jenis&karakteristik media pembelajaran
3 Ketepatan memilih media dalam pembelajaran PGMI 1. Memilih media pembelajaran dengan tepat sesuai dengan karakteristik materi pelajaran
2. Memilih media pembelajaran dengan tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran
3. Memilih media pembelajaran dengan tepat sesuai sasaran pembelajaran
4. Menganalisis kriteria pemilihan media pembelajaran
4 Memahami konsep umum sumber belajar sebagai komponen media pembelajaran 1.Menjelaskan pengertian sumber belajar sebagai komponen media pembelajaran
2.Mengklasifikasi macam-macam sumber belajar
3.Menjelaskan faktor/ komponen sumber belajar
4.Menjelaskan fungsi sumber belajar
5.Mengkritisi kriteria pemilihan sumber belajar
5 Memiliki wawasan tentang perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar 1.Menjelaskan pengertian perpustakaan sbg PSB
2.Mengkritisi fungsi, cara penggunaan perpustakaan
3.Menganalisis perpustakaan sebagai PBS, pusat informasi dan inovasi
6 Memahami tentang lingkungan (masyarakat) sbg sumber media pembelajaran Agama 1.Menjelaskan pengertian lingkungan sebagai media pembelajaran dan tujuannya
2.Menjelaskan kelebihan dan kelemahan lingkungan sebagai media pembelajaran
3.Menganalisis jenis & teknik lingkungan sbg media pembel.
7 Memiliki kemampuan memanfaatkan, menggunakan media pembelajaran 1.Membuat Media Sederhana
2.Menggunakan OHP
3.Menggunakan LCD dan Laptop
4.Membuat PowerPoint
5. Memanfaatkan Game Based Computer


8 Memiliki kemampuan mengembangkan media pembel.& membuat media sederhana

1.Menyusun rancangan media pembelajaran sesuai dg kebutuhan & karakteristik siswa
2.Membuat naskah audio dan film
3.Memproduksi media
4.Membuat media audio video
9 Memahami konsep dasar evaluasi media pembelajaran PGMI 1.Menjelaskan ciri-ciri efektif media pembelajaran PGMI
2.Menjelaskan kriteria mengevaluasi media pembelajaran dari kualitas isi, tujuan, kualitas instruksional& teknis
3.Menganalisis ciri dan kriteria evaluasi media pembelajaran
10 Memahami tentang aplikasi media dlm pembel. PGMI Menerapkan jenis-jenis media dlm pembelajaran PGMI sesuai dengan pokok bahasan dan sub pokok bahasan



D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO KEGIATAN PEMBELAJARAN KEGIATAN METODE MEDIA WAKTU
DOSEN MAHASISWA
1 a. a. Pra
b. pembelajaran
















b. Inti
Pembelajaran
















c. Akhir
Pembelajaran a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 4











a.Mengamati jalannya diskusi
b. Mereview hasil diskusi














a. Memberikan motivasi untuk gemar membaca
b. mengabsen a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c.Mengelompok menjadi 4( kel 1 membahas pengertian media, kel 2 membahas fungsi dan manfaat media, kel 3 membahas Latar belakang menggunakan media, dan kel 4 membahas urgensi media dalam pembelajaran



a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian

c.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


d. Dialog interaktif antara mhs dan dosen



a.Menyimak
b. Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Kertas Plano 10 menit

















30 menit






20 menit






20 menit



10 menit
2 a. Pra Pembelajaran
















b. Inti Pembelajaran
















c. Akhir Pembelajaran a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 5










a.Mengamati jalannya diskusi
b. Mereview hasil diskusi














a. Memberikan motivasi untuk
gemar membaca




a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c.Mengelompok menjadi 5( kel 1 membahas media grafis, kel 2 membahas mediafotografis, kel 3 membahas media proyeksi, kel 4 membahas media audio, dan kel 5 membahas media tiga dimensi




a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian

c.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


d. Dialog interaktif antara mhs dan dosen



a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Kertas Plano 10 menit
















30 menit






20 menit





20 menit




10 menit
3 a. Pra Pembelajaran






















b. Inti Pembelajaran


















c.Akhir Pembelajaran a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 5
















a.Mengamati jalannya diskusi
b. Mereview hasil diskusi

















a.Memberi
kan motivasi untuk
gemar membaca

b.Mengab
sen

a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c.Melanjutkan diskusi minggu lalu dan Mengelompok menjadi 5 untuk menganalisa kelemahan dan kelebihan masing-masing media( kel 1 membahas media grafis, kel 2 membahas mediafotografis, kel 3 membahas media proyeksi, kel 4 membahas media audio, dan kel 5 membahas media tiga dimensi



a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian

c.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


d. Dialog interaktif antara mhs dan dosen






a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Kertas Plano 10 menit























30 menit




20 menit





20 menit







10 menit
4 a. Pra Pembelajaran
















b. Inti Pembelajaran


















c. Akhir Pembelajaran a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 3










a.Mengamati jalannya diskusi
b. Mereview hasil diskusi
















a.Memberikan motivasi untuk
gemar membaca
b. Mengab
sen




a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c. Mengelompok menjadi 3 yang membahas tentang 1). Syarat-syarat pemilihan media, 2).Dasar pertimbangan pemilihan media,dan 3).Kreteria pemilihan media





a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian

c.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


d. Dialog interaktif antara mhs dan dosen





a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Kertas Plano 10 menit

















30 menit






20 menit





20 menit





10 menit
5 a. Pra Pembelajaran















b. Inti Pembelajaran


















c. Akhir Pembelajaran a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 3









a.Mengamati jalannya diskusi
b. Mereview hasil diskusi

















a. Memberikan motivasi untuk
gemar membaca
b.Mengabsen




a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c. Mengelompok menjadi 3 yang membahas tentang 1). Pengertian sumber belajar
2). Klasifikasi Sumber belajar
3).Komponen-komponen sumber belajar





a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian

c.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


d. Dialog interaktif antara mhs dan dosen





a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Kertas Plano 10 menit
















30 menit






20 menit





20 menit





10 menit

6 a. Pra Pembelajaran














b. Inti Pembelajaran


















c. Akhir Pembelajaran a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 2








a.Mengamati jalannya diskusi
b. Mereview hasil diskusi
















a. Memberikan motivasi untuk
gemar membaca
b. Mengabsen




a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c. Mengelompok menjadi 2 yang membahas tentang 1). Fungsi dan peranan sumber belajar
2).Kreteria pemilihan sumber belajar





a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian

c.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


d. Dialog interaktif antara mhs dan dosen





a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Kertas Plano 10 menit















30 menit




20 menit





20 menit







10 menit

7 UTS
1.Apa yang Anda ketahui tentang pengertian, jenis dan Fungsi media pembelajaran bagi guru di kelas
2. Apa yang anda ketahui tentang sumber belajar, dan fungsui sumber belajar dalam proses pembelajaran?
3. Buatlah analisis kekurangan dan kekurangan media grafis, fotografis, proyeksi, audio, dan media tiga dimensi


8 a. Pra Pembelajaran









b. Inti Pembelajaran
















c. Akhir Pembelajaran


a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi tentang perpustakaan


a.Mengamati jalannya kinerja mahasiswa di perpustakaan
b. Mereview hasil diskusi











a. Memberikan motivasi untuk
gemar membaca
a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c. Mengajak mahasiswa ke perpustakaan





a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian

b.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


c. Dialog interaktif antara mhs dan dosen




a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil kinerja a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Lembar Tugas








Perpustakaan 10 menit









30 menit





20 menit





20 menit






10 menit

9






















































a. Pra Pembelajaran
























b. Inti Pembelajaran
















c. Akhir Pembelajaran







a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 4



















a.Mengamati jalannya diskusi
b. Mereview hasil diskusi














a. Memberikan motivasi untuk
gemar membaca
b. Mengabsen a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c. Mengelompok menjadi 4 yang membahas tentang 1). Pengertian lingkungan sebagai media pembelajaran
2).Kelebihan dan kelemahan lingkungan sebagai media pembelajaran
3). Jenis Lingkungan sebagai media pembelajaran
4). Teknik menggunakan lingkungan sebagai media pembelajaran



a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang
tersedia, kemudian

c.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


d. Dialog interaktif antara mhs dan dosen




a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Kertas Plano 10 menit

























30 menit



20 menit





20 menit







10 menit











10 a. Pra Pembelajaran















b. Inti Pembelajaran
















c. Akhir Pembelajaran



a.Salam

b. Ramah
Tamah
c.Dosen mengajak mahasiswa ke lab microteaching
mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 4




a.Mengamati jalannya diskusi
b. Mereview hasil diskusi
c. Presentasi bagaiaman menggunakan
lab microteaching dan OHP








a. Memberikan motivasi untuk
gemar membaca
b. Mengabsen a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c. Mengelompok menjadi 4, masing-masing kelompok diinstruksikan membuat tulisan diatas plastik transparan tentang materi PGMI







a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang
tersedia, kemudian

b.secara kelompok mhs presentasi, dilanjutkan dengan praktek menggunakan OHP dan lab microteaching

c. Dialog interaktif antara mhs dan dosen



a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Plastik transparan/
Mika, lab microteaching, OHP 10 menit
















15 menit





30 menit






45 menit





10 menit

11 a. Pra Pembelajaran














b. Inti Pembelajaran

















c. Akhir Pembelajaran



a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mengajak mahasiswa ke lab bahasa dan kemudian
mendiskripsikan materi
d.Membagi Kelompok menjadi 4



a. Presentasi bagaiman menggunakan
lab bahasa















a. Memberikan motivasi untuk
gemar membaca
b. Mengabsen a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c. Mengelompok menjadi 4,












a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang
tersedia, kemudian

b.secara kelompok mhs presentasi, dilanjutkan dengan praktek menggunakan lab bahasa

c. Dialog interaktif antara mhs dan dosen




a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil diskusi a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Lab bahasa 10 menit















15 menit




30 menit







45 menit





10 menit

12 a. Pra Pembelajaran












b. Inti Pembelajaran
















c. Akhir Pembelajaran


a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi tentang mengembangkan dan membuat rancangan media


a.Mengamati jalannya kinerja mahasiswa di perpustakaan
b. Mereview hasil diskusi











a. Memberikan motivasi untuk
gemar membaca a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c. Mengelompokkan mahasiswa menjadi 4 kelompok






a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian

c.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


d. Dialog interaktif antara mhs dan dosen




a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil kinerja a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Lembar Tugas








10 menit












30 menit




20 menit





20 menit






10 menit

13 a. Pra Pembelajaran















b. Inti Pembelajaran

















c. Akhir Pembelajaran


a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi tentang evaluasi media pembelajaran







a.Mengamati jalannya kinerja mahasiswa di perpustakaan
b. Mereview hasil diskusi











a.Memberikan motivasi untuk
gemar membaca

b.Mengabsen a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c.Mengelompokkan mahasiswa menjadi 4 kelompok yang membahas tentang
pengertian evaluasi dalam media pembelajaran, ciri-ciri media yang efektif, dan kreteria evaluasi media pembelajaran



a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian


b.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa

c. Dialog interaktif antara mhs dan dosen



a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil kinerja



a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Lembar Tugas








10 menit

















30 menit




20 menit





20 menit






10 menit

14 a. Pra Pembelajaran














b. Inti Pembelajaran

















c. Akhir Pembelajaran


a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi tentang Aplikasi Media Pembelajaran untuk materi PGMI





a.Mengamati jalannya kinerja mahasiswa di perpustakaan
b. Mereview hasil diskusi











a.Memberikan motivasi untuk
gemar membaca

b.Mengabsen a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c.Mengelompokkan mahasiswa menjadi 3 kelompok yang membahas tentang
aplikasi media pembelajaran untuk materi Qur’an-Hadits, SKI, dan Fiqh




a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian


b.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


c. Dialog interaktif antara mhs dan dosen



a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil kinerja a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Lembar Tugas








10 menit















30 menit




20 menit







20 menit




10 menit

15 a. Pra Pembelajaran














b. Inti Pembelajaran















c. Akhir Pembelajaran
a.Salam
b. Ramah
Tamah
c.Dosen mendiskripsikan materi tentang Aplikasi Media Pembelajaran untuk materi PGMI





a.Mengamati jalannya kinerja mahasiswa di perpustakaan
b. Mereview hasil diskusi









a.Memberikan motivasi untuk
gemar membaca

b.Mengabsen a. Menjawab salam
b. Menyimak SAP atau Cours Design
c.Mengelompokkan mahasiswa menjadi 2 kelompok yang membahas tentang
aplikasi media pembelajaran untuk materi Bahasa Arab dan Aqidah Ahlak




a.Berdiskusi dan
mhs mengerjakan tugas berdasarkan materi yang tersedia, kemudian


b.secara voluntir mhs presentasi, dilanjutkan dialog interaktif antara mahasiswa


c. Dialog interaktif antara mhs dan dosen

a.Menyimak
b.Mengumpulkan resume hasil kinerja a.Tanya Jawab
b.Resitasi
c.Diskusi
d.Ceramah Lembar Tugas








10 menit















30 menit




20 menit







20 menit



10 menit

16 Minggu Tenang
17 UAS
1. Apa yang anda ketahui tentang pengertian dan fungsi-fungsi Perpustakaan dan Lingkungan sebagai media pembelajaran
2. Apa yang anda ketahui tentang evaluasi dalam media pembelajaran dan kreteria dan cirri-ciri yang efektif dalam media pembelajaran
3. Buatlah analisis kelemahan dan kelebihan lingkungan dan perpustakaan sebagai media pembelajaran

F. LITERATUR

Arsyad, Azhar, Media Pengajaran, Cet. I, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997.
Danim, Sudarwan, Media Komunikasi Pendidikan, Cet. I, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Djamarah, Syaiful Bahri, dkk., Strategi Belajar Mengajar, Cet. I, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.
Darajdat, Zakiah, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Cet. I, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Gilarso, T, dkk., Program Pengalaman Lapangan (Micro Teaching), Yogyakarta: Andi Offset, 1986.
Hamalik, Oemar, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Cet. II, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
____________, Media Pendidikan
Hadimiarjo, Yusuf, Teknologi Komunikasi Pendidikan
Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Ibrahim, R & Nana Syaodih, Perencanaan Pengajaran, Bandung: Rineka Cipta, 2003.
Ibrahim, Media Instruksional
Isbani, Media Pendidikan
Kasiram, Kapita Selekta Pendidikan II
Mukhtar, Desain Pembelajaran PGMI
Nasution, Teknologi Pendidikan, Cet. I, Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
Nurhadi, Mulyani, Sejarah Perpustakaan dan Perkembangannya di Indonesia
Pardede, M.Tjoen, Perpustakaan di Indonesia dari Zaman ke Zaman
Rohani, Ahmad, Media Instruksional Edukatif, Cet. I, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Sadiman, Arief, dkk., Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Cet. V, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
Salma, Dewi, dkk.Mozaik Teknologi Pendidikan
Shalahuddin, Mahfudh, Media Pendidikan Agama, Cet. I, Surabaya: Bina Ilmu, 1986.
Soeprayitno, Seleksi dan Pemanfaatan Media Pembelajaran
Sujana, Nana, Media Pengajaran
Sudjarwo, Beberapa Aspek Pengembangan Sumber Belajar
Zainiyati, Husniyatus Salamah, Diktat Media Pengajaran, Surabaya: Biro Kajian Ilmiah Fak. Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, 2002.
Rusydiyah, Evi Fatimatur. 2008. Media dan Teknologi Pembelajaran. Dakwah Press Surabaya

G. EVALUASI
1. TUGAS : Produk media pembelajaran PGMI
2. UTS
3. UAS
4. Performa : Keaktifan mahasiswa di kelas atau di luar kelas dalam proses perkuliahan


Mengetahui, Surabaya, 02 Maret 2010
Ketua Jurusan PGMI Dosen Pengampu,

Drs. H. Munawir,M.Ag Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag

Mengembangkan Silabus Dan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

PERENCANAAN PEMBELAJARAN













Mengembangkan Silabus
Dan Menyusun
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran














FAKULTAS TARBIYAH
IAIN SUNAN AMPEL
SURABAYA
2009












RINCIAN HARI/PEKAN EFEKTIF
TAHUN PELAJARAN 200 /200

Smt Hari Bulan Jumlah
Jul Agt Sep Okt Nop Des Jan
I Senin 2 5 4 1 3 4 3 22
Selasa 2 5 4 3 4 3 21
Rabu 2 4 4 3 4 3 20
Kamis 2 4 5 2 5 3 21
Jumat 2 4 4 2 5 3 20
Sabtu 2 4 4 1 3 5 2 21
Total 12 26 25 2 16 27 17 125

Smt Hari Bulan Jumlah
Jan Peb Mar Apr Mei Jun Jul
II Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
Total



RINCIAN PEKAN EFEKTIF ( RPE )


Satuan Pendidikan : SDN Simo Mulyo I
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : III / I
Alokasi Waktu : 3 x 35 Menit

I. Jumlah Semua Pekan/Pekan Efektif Sekolah PES

a. Hari Mengajar ( RABU)
Hari Juli Agst Sep Okt Nop Des Jan Jumlah
Senin 2 4 4 3 4 3 20

b. Banyaknya Pekan Efektif Sekolah

No Bulan Banyak Pekan Banyak Jam
1 Juli 2 3
2 Agustus 4 3
3 September 4 3
4 Oktober 3
5 Nopember 3 3
6 Desember 4 3
7 Januari 3 3
Jumlah 20 60


II. Jumlah Pekan yang tidak efektif (PTE)

1. Masa Orientasi Siswa = .........1.. Pekan
2. Perayaan 17 agustusan................................... = ....... 1 Pekan
3. ........................................................................ = ........... Pekan
_____________________________________________________
Jumlah = ....2........Pekan (b)


III. Jumlah pekan yang efektif (PEP)

PES (20).(a) – PTE (2) ) =…(PEP) 18 ( Pekan)


IV. Banyaknya jam yang efektif

18 (c) X……3.(d)Jam Pelajaran = 54 Jam Pelajaran



Catatan : (d) Lihat Jadwal Pelajaran


V. Disrtibusi Alokasi Waktu

UTS : 1 x 3 = 3
UAS : 1 x 3 = 3
Uji Kompetensi : 2 x 3 = 6
Cadangan : 1 x 3 = 3
Tatap Muka : 13 x 3 = 39
18 Pekan Efektif =54 jam pelajaran



Distribusi SK/KD
Nomor Urut Standar Kompetensi / Kompetensi Dasar Waktu
1 1.1
2
2
1.2
3 1.3

4 2.1
2.2 2
5 3.1
3.2
3.3 4
6

7
UK 13x3X35 menit
8
Dan seterusnya ………..
Menit










PROGRAM TAHUNAN

MATA PELAJARAN :………………..
TAHUN PELAJARAN : ……………
KELAS /PROGRAM : …………………………………


SEMES
TER
Kompetensi Dasar
ALOKASI
WAKTU
(JAMPEL)
1.1
1.2
1.3
2.1
2.2
UK 1
3.1.
3.2
3.3
4.1
4.2
UTS






UK 2




UAS









JPL

Surabaya, …………………………
Guru Mata Pelajaran,
Mengetahui
Kepala Sekolah


---------------------- ----------------------------


PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran :
Satuan Pendidikan :
Kelas :
Tahun Pelajaran :

No Kompetensi Dasar Materi Pokok Alokasi Waktu
(1) (2) (3) (4)


































Jumlah

Surabaya, ………………………..
Guru Pengampu,



(…………………………………..)

PROGRAM SEMESTER

Mata Pelajaran :
Satuan Pendidikan :
Kelas/ Semester :
Tahun Pelajaran :

No Kompetensi dasar Materi Waktu
(jam) BULAN Ketr
Pokok bahasan Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Januari
Sub. Pokok bahasan
2
2
2






















m
()























SILABUS DAN PENILAIAN

SATUAN PENDIDIKAN : SDN.............
MATAPELAJARAN : Pend Ag Is
Aspek : Al- Qur’an
KELAS/SEMESTER : I/ II
Standar Kompetensi : 6. Menghafal Al-Qur.an surat-surat pendek pilihan




No Kom petensi
Dasar Indikator Kompetensi Pengalaman
Bela jar Materi
Pokok Alokasi
Waktu Penilaian Sumber Belajar
Bentuk Tagihan Jenis
Tagihan Con toh Tagihan





















































6.1 Menghafal Q.S Al-Kautstar dengan lancar 6.1.1 Melafalkan Q.S Al-Kautstar dengan lancar
6.1.2
Surabaya, ………………………..
Guru Pengampu,



(…………………………………..)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


MATAPELAJARAN : ....................................
SATUAN PENDIDIKAN : ....................................
KELAS/SEMESTER : ....................................
Kompetensi Dasar : .....................................
Indikator Kompetensi : 1. .................................
2. .................................
3. ..................................
Alokasi Waktu : .....................................

Materi


_____________________________________________
_____________________________________________

Metode Pembelajaran
_____________________________________________
_____________________________________________
_____________________________________________

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan




Kegiatan Inti



_____________________________________________

Penutup



Media/Alat Peraga



Sumber Belajar



Instrumen Evalausi




Surabaya, …………………………
Guru Mata Pelajaran,
Mengetahui
Kepala Sekolah


---------------------- ----------------------------

Catatan:
Dalam RPP ini lampirkan: lembar kerja siswa, bentuk penggunaan papan tulis, dll.



FEED BACK
MICRO TEACHING

No Materi Saran/Kritik




1. Apa nama strateginya? ……………………………………

Tepatkah langkah-langkahnya?
…………………………………………………………………………………………

Apakah Ada Modifikasi?
………………………………………………………………………………………………………………

2. Apakah tujuan pemb tercapai? ……………………………………

Mengapa tercapai/tidak tercapai?
………………………………………………………………………………………………………………

3.
Organisasi Waktu?
………………………………………………………………………………………………………………





4.
Kelebihan dari penyajian materi?
………………………………………………………………………………………………………………

Kesesuaian dg strategi?
………………………………………………………………………………………………………………

Bahasa Pengantar?
………………………………………………………………………………………………………………

Tempo bicara dan suara?
………………………………………………………………………………………………………………

5.
Penggunaan Media?
………………………………………………………………………………………………………………

6.
Perbaikan dalam hal apa?
………………………………………………………………………………………………………………

Praktikan Observer
Nama: ……………………………………. Nama: ……………………………………
Nim : …………………………………….. Nim : …………………………………….


























FORMAT OBSERVASI
KOMPONEN KETRAMPILAN KEGURUAN
DALAM PENGAJARAN MIKRO

NO KOMPONEN Ya Tidak KET.
1 Membuka dan Menutup
a. Menarik perhatian
b. Menimbulkan motivasi
c. Memberi acuan
d. Menunjukkan kaitan
e. Meninjau kembali
f. Mengevaluasi
g. Memberi dorongan Psikologis
2 Strategi yang Digunakan
a. Ketepatan strategi dengan tujuan Pembelajaran
b. Kesesuaian strategi dalam langkah-langkah pemb.
3 Menjelaskan
a. Orientasi dan motivasi
b. Bahasa (sederhana dan jelas)
c. Pemberian contoh
d. Sistematika penjelasan
e. Variasi dalam penyampaian
f. Balikan (pertanyaan penerapan
4 Variasi
a. Suara
b. Mengarahkan perhatian siswa
c. Kontak mata
d. Ekspresi roman muka
e. Gerakan tangan
f. Posisi guru
g. Pola interaksi
5 Metode
a. Ketepatan memilih media dengan tujuan pemb.
b. Penguasaan teknis penggunaan media
6 Bertanya
a. pertanyaan jelas dan konkrit
b. pertanyaan memberikan waktu berpikir
c. Pemerataan pertanyaan pada siswa
d. Kualitas pertanyaan
7 Reinforcement (Memberi penguatan)
a. Penguatan verbal
b. Penguatan non verbal
c. Variasi penguatan

Surabaya, .................................................
Calon Guru, Observer,


(......................................) (..........................................)


GLOSARIUM
Komponen Silabus;
Silabus menjawab pertanyaan
1. Apa kompetensi yang harus dicapai siswa?
(Standar Kompetensi, Kompetensi dasar, Materi pokok)
2. Bagaimana cara mencapainya?
(Metode, Kegiatan pembelajaran)
3. Bagaimana mengukur keterncapaiannya?
(Indikator Kompetensi, Penilaian)
4. Apa bahan-bahan yang digunakan untuk mencapainya?
(Media, Sumber belajar)
5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya?
(Alokasi waktu)

Standar Kompetensi
1. Pernyataan minimal (memadai) tentang pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang terefleksi dalam kehidupan sehari-hari dalam satu mata pelajaran.
2. Penempatan Standar Kompetensi pada silabus dimaksudkan untuk memandu guru atau pengembang silabus dalam menjabarkan Kompetensi Dasar menjadi kegiatan pembelajaran, sehingga rangkaian kegiatan belajar siswa tidak menyimpang dari koridor kemampuan yang ingin dicapai.

Kompetensi Dasar
Pernyataan minimal (memadai) tentang pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang terefleksi dalam kehidupan sehari-hari pada aspek tertentu dalam sebuah mata pelajaran dalam setiap pokok bahasan).

Indikator Kompetensi ( Penilaian)
Karakteristik, ciri-ciri, perbuatan, atau respon yang harus dilakukan atau ditampilkan oleh siswa, untuk menunjukkan bahwa seorang siswa telah memiliki kompetensi dasar tertentu yang akan diukur dalam penilaian.

Materi Pokok
Pokok bahasan dan sub pokok bahasan untuk mencapai kompetensi dasar

Kegiatan Pembelajaran/Pengalaman Belajar
Pengalaman atau kegiatan yang perlu dilakukan oleh siswa untuk mencapai kompetensi dasar.

Metode
Nama suatu metode dalam teori pembelajaran yang berisi cara-cara untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa

Media Pembelajaran
Alat bantu yang dipakai guru dalam mengajar untuk mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran.

Penilaian
Cara yang biasa dilakukan untuk menentukan mutu unjuk kerja individu atau kelompok dan penafsiran data hasil pengukuran.

Alokasi waktu
Deskripsi waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan proses pembelajaran.

Sumber Belajar
Bahan ajar, buku, benda, atau orang yang dapat dimanfaatkan atau digunakan sumber dalam proses pencapaian kompetensi.






SILABUS DAN PENILAIAN

NAMA SEKOLAH : ...................... ................................
MATAPELAJARAN : ......................................................
KELAS/SEMESTER : ........................................................
STANDAR KOMPETENSI : ..................................................................................................................................



No Kompetensi
Dasar Indi kator Kompetensi Peng alaman
Belajar Materi Pokok Alokasi
Waktu Penilaian Sumber Belajar
Jenis Penilaian Bentuk
Tagihan Contoh Tagihan

HUKUM ASURANSI INDONESIA

BAB I
PERASURANSIAN DAN PENGATURANNYA
A. PERKEMBANGAN PERASURANSIAN
1. Sebelum Masehi
Di bawah kekuasaan Alexander The Great (356-323 BC), Antimenes pembantu pada zaman kebesaran Yunani memerlukan uang yang sangat banyak, dan untuk mendapatkan uang maka ia mengumumkan kepada para pemilik budak untuk mendaftarkan budak-budaknya dan membayar sejumlah uang tiap tahun kepada Antimenes, dengan imbalan ia menjanjikan jika ada budak yang melarikan diri, maka ia akan menangkap budak tersebut dan jika tidak dapat ditangkap, maka ia akan membayar uang sebagai gantinya. Perjanjian sama seperti asuransi kerugian ini berkembang pada zaman Romawi sampai tahun ke-10 sesudah Masehi.
2. Abad Pertengahan
Perjanjian ini pada abad sebelum Masehi terus berkembang sampai abad pertengahan. Di Inggris berkembang asuransi kebakaran yang dibentuk sekelompok perkumpulan yang disebut gilde. Gilde akan memberikan sejumlah uang yang terkumpul dari anggota. Di Denmark, Jerman dan negara Eropa lainnya perjanjian asuransi kebakaran berkembang sampai abad ke-12. Pada abad ke-13, ke-14 perdagangan melalui laut mulai berkembang sehingga munculah asuransi kerugian laut.
3. Sesudah Abad Pertengahan
Bidang asuransi laut dan asuransi kebakaran sesudah abad pertengahan berkembang pesat di negara Eropa Barat, seperti di Inggris pada tahun ke-17, kemudian Prancis abad ke-18, dan terus ke Belanda.
4. Abad Ilmu dan Teknologi
Perkembangan ilmu dan teknologi yang pesat pada abad ke-20 berdampak positif pada perkembangan usaha bidang asuransi, bidang penunjang asuransi, asuransi kerugian, asuransi jiwa dan asuransi sosial. Pembangunan di bidang ekonomi ditandai munculnya perusahaan-perusahaan besar yang memerlukan banyak modal, sehingga diperlukanlah asuransi kredit, asuransi kebakaran, dan asuransi tenaga kerja.

B. ISTILAH DAN DEFINISI PERASURANSIAN
1. Perasuransian dan asuransi
Perasuransian adalah istilah hukum yang dipakai dalam perundang-undangan dan perusahaan perasuransian. Perasuransian berarti segala usaha yang berkenaan dengan asuransi. Usaha yang berkenaan dengan asuransi ada 2 jenis:
a. Usaha asuransi (insurance business)
b. Usaha penunjang usaha asuransi (complementary insurance business)
2. Pertanggungan dan Penjaminan
Istilah aslinya adalah verzeking atau assurantie (bahasa Belanda). Prof. R. Sukardono mengartikan “pertanggungan”. Dalam verzekeringsrecht dikenal juga istilah verzekeraar dan verzekerde. Verzekeraar oleh Prof. R. Soekardono diartikan penanggung, yaitu pihak yang menanggung resiko. Sementara verzekerde diartikan tertanggung, yaitu pihak yang mengalihkan resiko atas kekayaan/ jiwanya kepada penanggung.

C. TUJUAN ASURANSI
1. Teori Pengalihan Resiko
2. Pembayaran Ganti Kerugian
3. Pembayaran Santunan
4. Kesejahteraan Anggota

D. ASURANSI BUKAN UNTUNG-UNTUNGAN
1. Pengalihan Risiko Diimbangi Premi
Pengalihan resiko tertanggung kepada penanggung diimbangi pembayaran premi tertanggung yang seimbang dengan beratnya resiko.
2. Gugatan Melalui Pengadilan
Jika penanggung tidak membayar premi, maka asuransi dapat dibatalkan. Dan jika penanggung tidak membayar ganti kerugian, tertanggung dapat menggugat penanggung melalui Pengadilan Negeri. Sedangkan dalam perjanjian untung-untungan, jika yang kalah wanprestasi, dia tidak dapat digugat melalui Pengadilan Negeri.

E. PENGATURAN ASURANSI
1. Pengaturan dalam KUHD
Dalam KUHD ada dua cara pengaturan asuransi, yaitu pengaturan bersifat umum dan bersifat khusus. Pengaturan yang bersifat umum ada dalam Buku I Bab 9 Pasal 246-286 KUHD yang berlaku bagi semua jenis asuransi, baik yang sudah diatur dalam KUHD maupun yang diatur di luar KUHD. Pengaturan yang bersifat khusus terdapat dalam Buku II Bab 9 dan Bab 10 Pasal 592-Pasal 695 KUHD dengan rincian:
a. Asuransi kebakaran Pasal 287-Pasal 298 KUHD
b. Asuransi hasil pertanian Pasal 299-Pasal 301 KUHD
c. Asuransi jiwa Pasal 302- Pasal 308 KUHD
d. Asuransi pengangkutan laut dan Perbudakan Pasal 592-685KUHD
e. Asuransi pengangkutan darat, sungai dan peraiaran pedalaman Pasal 686-695 KUHD.
2. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992
Pengaturan usaha perasuransian dalam UU No. 2 Tahun 1992 terdiri dari 13 bab dan 28 Pasal, dengan rincian:
a. Bidang usaha perasuransian, meliputi kegiatan usaha asuransi dan usaha penunjang asuransi.
b. Jenis usaha perasuransian, meliputi usaha asuransi (asuransi kerugian, asuransi jiwa, dan reasuransi); usaha penunjuang asuransi (pialang asuransi, pialang reasuransi dan agen asuransi).
c. Perusahaan Perasuransian, meliputi Perusahaan Asuransi Kerugian, Perusahaan Asuransi Jiwa, Perusahaan Reasuransi, Perusahaan Pialang Asuransi, Perusahaan Pialang Reasuransi, Perusahaan Penilai kerugian Asuransi, Perusahaan Konsultan Aktuaria, Perusahaan Agen Asuransi.
d. Bentuk Hukum usaha perasuransian terdiri dari Persero, Koperasi, Perseroan Terbatas, Usaha Bersama (mutual).
e. Kepemilikan Perusahaan Perasuransian oleh WNI dan atau badan hukum Indonesia; WNI dan atau badan hukum Indonesia bersama dengan perusahaan perasuransian yang tunduk pada hukum asing.
f. Perizinan usaha perasuransian oleh Menteri Keuangan.
3. Undang-Undang Asuransi Sosial
Perundang-undangan yang mengatur asuransi sosial:
a. Asuransi Sosial Kecelakaan Penumpang (Jasa Raharja): (1) UU No 3 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang; (2) UU No. 34 Tahun 1964 tentang Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.
b. Asuransi Sosial Tenaga Kerja (Astek): (1) UU No. 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek); (2) PP No. 18 Tahun 1990 tentang Penyelenggraan Asuransi Sosial Tenaga Kerja; (3) PP No. 67 Tahun 1991 tentang Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI); (4) PP No. 25 Tahun 1981 tentang Asuransi Sosial Pegawai Negeri Sipil (ASPNS).
c. Asuransi Sosial Pemeliharaan Kesehatan (Askes): PP No. 69 Tahun 1991 tentang Pemeliharaan Kesehatan Pegawai Negeri Sipil (PNS).
BAB II
USAHA DAN PERUSAHAAN PERASURANSIAN
A. USAHA PERASURANSIAN
1. Jenis Usaha Perasuransian
Dalam Pasal 3 (a) UU No. 2 Tahun 1992 usaha asuransi dikelompokkan 3 jenis, usaha asuransi kerugian, asuransi jiwa, reasuransi.
Dalam pasal 3 (b) UU No. 2 Tahun 1992, usaha asuransi dikelompokkan 5 jenis, usaha pialang asuransi, usaha pialang reasuransi, usaha penilai kerugian asuransi, usaha konsultan aktaria, dan agen asuransi.
2. Bentuk Hukum Usaha Perasuransian
Menurut ketentuan Pasal 7 ayat (1) UU No. 2 Tahun 1992, usaha perasuransian hanya dapat dilakukan oleh badan hukum yang berbentuk Perusahaan Perseroan, Koperasi, Perseroan Terbatas, dan Usaha Bersama.
3. Izin Usaha Perasuransian
Untuk mendapatkan izin usaha sebagaimana dalam Pasal 9 (1) harus dipenuhi persyaratan yakni anggaran dasar, susunan organisasi, permodalan, kepemilikan, Keahlian dibidang perasuransian, kelayakan rencana kerja.
Pemberian izin usaha perasuransian dilakukan dalam 2 tahap, yaitu pemberian persetujuan prinsip dan pemberian izin usaha.
4. Pengadaan Asuransi Atas Objek Asuransi
Pengadaan asuransi atas obyek asuransi didasarkan pada kebebasan memilih penanggung, kecuali bagi Progam Asuransi Sosial dan pengadaan atas obyek asuransi harus dilakukan dengan memperhatikan daya tampung Perusahaan Asuransi dan Reasuransi.

B. PERUSAHAAN PERASURANSIAN
1. Jenis Perusahaan Perasuransian
Dalam Pasal 4 UU No. 2 Tahun 1992, perusahaan asuransi dikelompokkan 3 jenis, yaitu perusahaan asuransi kerugian, perusahaan asuransi jiwa, perusahaan reasuransi. Sedangkan Pasal 5 UU No. 1992, perusahaan penunjang usaha asuransi dibedakan menjadi 5 yaitu perusahaan pialang asuransi, perusahaan pialang reasuransi, perusahaan penilai kerugian asuransi, perusahaan konsultan aktuaria, perusahaan agen asuransi.
2. Persyaratan Umum Perusahaan Perasuransian
Susunan organisasi sekurang-kurangnya meliputi fungsi pengelola resiko, pelayanan, dan keuangan; bagi perusahaan asuransi dan perusahaan reasuransi; fungsi pengelolaan keuangan dan pelayanan, bagi Perusahaan Pialang Asuansi dan Perusahaan Pialang Reasuransi; fungsi teknis bagi Perusahaan Agen Asuransi, Perusahaan Penilai Kerugian Asuransi, dan Perusahaan Konsultan Akuaria, memenuhi ketentuan permodalan dan mempekerjakan tenaga ahli sesuai bidang usahanya.
3. Kepemilikan Perusahaan Perasuransian
Menurut Pasal 8 ayat (1) UU No. 2 Tahun 1992, perusahaan perasuransian hanya didirikan oleh WNI dan atau Badan Hukum yang sepenuhnya milik WNI dan atau badan hukum Indonesia; Perusahaan Perasuransian yang pemiliknya sebagaimana dimaksud dalam huruf (a), dengan Perusahaan Perasuransian yang tunduk pada hukum asing.
4. Modal Perusahaan Perasuransian
Besarnya modal perusahaan perasuransian ditentukan dalam Pasal 6 PP No. 73 Tahun 1992. Bagi perusahaan yang pemiliknya adalah WNI dan atau BHI, modalnya sekurang-kurangnya adalah Perusahaan Asuransi Kerugian 3 juta; Perusahaan Asuransi Jiwa 2 juta; Perusahaan Reasuransi 10 Juta; Perusahaan Pialang Asuransi 500 juta; Perusahaan Pialang Reasuransi 500 juta. Sedangkan penyertaan pihak asing, maka sekurang-kurangnya modal adalah Perusahaan Asuransi Kerugian 15 Juta; Perusahaan Asuaransi Jiwa 4,5 Juta; Perusahaan Reasuransi 30 Juta; Perusahaan Pialang Asuransi 3 Juta.


C. SANKSI ADMINISTRASI DAN PIDANA
1. Pengenaan Sanksi Administrasi
Sanksi administratif dikenakan kepada setiap Perusahaan Perasuransian yang tidak melakukan perizinan usaha, kesehatan keuangan, penyelenggraan usaha, penyampaian laporan, pengumuman neraca dan perhitungan laba rugi atau tentang pemeriksaan langsung. Sanksinya berupa denda Rp 1.000.000,00 bagi Perusahaan Asuransi dan Reasuransi dan Rp 500.000,00 bagi Perusahaan Pialang Asuransi dan Pialang Reasuransi. Selain itu juga dikenakan sanksi peringatan, pembatasan kegiatan usaha dan pencabutan izin usaha.
2. Pengenaan Sanksi Pidana
Sanksi pidana dikenakan pada kejahatan perasuransian yang diatur dalam pasal 21 UU No. 2 Tahun 1992:
a. Terhadap pelaku utama, diancam dengan pidana maksimal 15 tahun, dan denda paling banyak Rp 2.500.000.000,00.
b. Terhadap pelaku pambantu, diancam pidana maksimal 5 tahun dan denda paling banyak Rp 500.000.000,00.
c. Terhadap pemalsu dokumen, diancam pidana paling lama 5 tahun, dan dendan paling banyak Rp 250.000.000,00.









BAB III
PERJANJIAN ASURANSI
A. SYARAT-SYARAT SAH ASURANSI
Syarat-syarat sah suatu perjanjian diatur dalam Pasal 1320 KUHpdt. Menurut ketentuan Pasal tersebut, ada 4 (empat) syarat sah suatu perjanjian, yaitu kesepakatan para pihak, kewenangan berbuat, objek tertentu, dan kausa yang halal. Syarat yang diatur dalam KUHD adalah kewajiban pemberitahuan yang diatur dalam Pasal 251 KUHD:
1. Kesepakatan (Consensus)
Tertanggung dan penanggung sepakat mengadakan perjanjian asuransi. Kesepakatan tersebut pada pokoknya meliputi benda yang menjadi objek asuransi; pengalihan risiko dan pembayaran premi; evenemen dan ganti kerugian; syarat-syarat khusus asuransi; dibuat secara tertulis (polis).
2. Kewenangan (Authority)
Kedua pihak tertanggung dan penanggung wenang melakukan perbuatan hukum yang diakui oleh undang-undang.
3. Objek Tertentu (Fixed Object)
Objek tertentu dalam perjanjian asuransi adalah objek yang diasuransikan, dapat berupa harta kekayaan dan kepentingan yang melekat pada harta kekayaan, dapat pula berupa jiwa atau raga manusia.
4. Kausa yang Halal (Legal Cause)
Kausa yang halal maksudnya adalah isi perjanjian asuransi itu tidak dilarang undang-undang, tidak bertentangan dengan ketertiban umum, dan tidak bertentangan dengan kesusilaan.
5. Pemberitahuan (Notification)
a. Teori Objektivitasm (objectivity theory).
Menurut teori ini, setiap asuransi harus memiliki objek tertentu (jenis, identitas dan sifat yang dimiliki objek tersebut harus jelas dan pasti).
b. Pengaturan Pemberitahuan dalam KUHD.
Tertanggung wajib memberitahukan penanggung mengenai keadaan objek asuransi. Kewajiban ini dilakukan saat mengadakan asuransi.

B. TERJADINYA PERJANJIAN ASURANSI
Di Indonesia yang mengikuti sistem hukum Eropa Kontinental, tawar-menawar menciptakan kesepakatan, yaitu syarat pertama sahnya perjanjian menurut ketentuan Pasal 1320 KUHPdt. Perjanjian asuransi itu ketika ada kegiatan tawar menawar dan teori penerimaan. Perjanjian asuransi terjadi setelah tercapai kesepakatan antara tertanggung dan penanggung, hak dan kewajiban timbal balik bahkan sebelum polis ditandatangani (Pasal 257 ayat (1) KUHD). Asuransi harus dibuat tertulis dalam bentuk akta (polis). (Pasal 255 KUHD).

C. POLIS BUKTI ASURANSI
1. Fungsi Polis
Sebagai alat bukti tertulis yang menyatakan bahwa telah terjadi perjanjian asuransi antara tertanggung dan penanggung, sebagai alat bukti tertulis, isi yang tercantum dalam polis harus jelas, juga memuat kesepakatan mengenai syarat-syarat khusus yang menjadi dasar pemenuhan hak dan kewajiban.

2. Isi Polis
Menurut ketentuan Pasal 256 KUHD, setiap polis kecuali mengenai asuransi jiwa, harus memuat syarat-syarat khusus yakni 1) Hari dan tanggal pembuatan perjanjian asuransi; 2) Nama tertanggung, untuk diri sendiri atau untuk pihak ketiga; 3)Uraian yang jelas mengenai benda yang diasuransikan; 4) Jumlah yang diasuransikan; 5) Bahaya-bahaya/evenemen yang ditanggung oleh penanggung; 6) Saat bahaya/evenemen mulai berjalan dan berakhir yang menjadi tanggungan penanggung; 7) Premi asuransi; 8) Umumnya semua keadaan yang perlu diketahui oleh penanggung dan segala janji-janji khusus yang diadakan oleh para pihak.


BAB IV
OBYEK ASURANSI
A. BENDA ASURANSI
Benda Asuransi
Benda asuransi adalah benda menjadi objek perjanjian asuransi yang merupakan harta kekayaan memiliki nilai ekonomi, dapat dihargai dengan sejumlah uang dan berwujud.

B. PREMI ASURANSI
1. Premi Asuransi
Premi adalah salah satu unsur penting dalam asuransi karena merupakan kewajiban utama yang wajib dipenuhi oleh tertanggung kepada penanggung. Besarnya jumlah premi oleh tertanggung ditentukan berdasarkan penilaian risiko yang dipikul oleh penanggung. Premi asuransi merupakan syarat mutlak untuk menentukan perjanjian asuransi dilaksanakan atau tidak.
Kriteria premi asuransi adalah dalam bentuk sejumlah uang, dibayar lebih dahulu oleh tertanggung, sebagai imbalan pengalihan resiko, dihitung berdasarkan presentase terhadap nilai resiko yang dialihkan, dalam jumlah premi yang harus dibayar oleh tertangung.
Rincian yang dapat dikalkulasikan dalam jumlah premi adalah 1) Jumlah presentase dari jumlah yang diasuransikan. 2) Jumlah biaya yang dikeluarkan oleh penanggung. 3) Kurtase untuk pialang jira asuransi diadakan melalui pialang. 4) Keuntungan bagi penanggung dan jumlah cadangan.

2. Premi Restorno
Premi yang telah dibayar oleh tertanggung kepada penanggung dapat dituntut pengembaliannya, baik untuk seluruhnya maupun untuk sebagian jika asuransi gugur atau batal, sedangkan tertanggung telah bertindak dengan iktikat baik (in good faith), inilah yang disebut dengan premi restorno. Dalam premi restorno harus dipenuhi syarat bahwa penanggung tidak menghadapi bahaya.

BAB V
RESIKO, EVENEMEN, GANTI KERUGIAN
A. RISIKO DAN EVENEMEN
1. Risiko dalam Asuransi.
Kriteria risiko dalam asuransi adalah a)bahaya yang mengancam benda atau obyek asuransi; b) berasal dari faktor ekonomi, alam, atau manusia; c) diklasifikasikan menjadi resiko pribadi, kekayaan, tanggung jawab; d) hanya berpeluang menimbulkan kerugian.
Cara mengatasi resiko adalah menghindari resiko, mengurangi resiko, menahan resiko, membagi resiko, mengalihkan resiko.
Kriteria agar resiko dapat diasuransikan, dapat dinilai dengan uang, harus resiko murni, kerugian timbul akibat peristiwa yang tidak pasti, tertanggung harus memiliki insurable interest, tidak dilarang UU dan tidak bertentangan dengan ketertiban umum.
2. Evenemen dalam Asuransi
Ciri-ciri evenemen adalah peristiwa yang menimbulkan kerugian; tidak dapat diprediksi lebih dahulu; berasal dari faktor ekonomi, alam, dan manusia; kerugian terhadap diri, kekayaan, dan tanggung jawab seseorang.
3. Jenis Evenemen.
Dalam KUHD ada dua pasal yang menentukan jenis evenemen, yaitu Pasal 290 KUHD tentang Asuransi Kebakaran, dan Pasal 637 KUHD tentang Asuransi Laut.

B. GANTI KERUGIAN AKIBAT EVENEMEN
Apabila evenemen yang terjadi telah dicantumkan dalam polis dan karenanya timbul kerugian, maka penanggung terikat untuk membayar ganti kerugian.


C. ASAS KESEIMBANGAN
Asas keseimbangan adalah asas yang mendasari berlakunya hukum asuransi dan merupakan asas yang penting karena resiko yang dialihkan kepada penanggung diimbangi dengan jumlah premi yang dibayar oleh tertanggung. Asas ini mempunyai nilai penting apabila ada evenemen yang menimbulkan kerugian.
Asas keseimbangan bertujuan untuk mencegah orang yang ingin berspekulasi mencari keuntungan yang tidak halal, dengan mengadakan berkali-kali asuransi supaya mendapat ganti rugi melebihi nilai benda sesungguhnya.

D. BERAKHIRNYA ASURANSI
Adapun yang menyebabkan berakhirnya asuransi adalah:
1. Jangka Waktu Berlaku Sudah Habis
2. Perjalanan Berakhir
3. Terjadi Evenemen Diikuti Klaim
4. Asuransi Berhenti atau Dibatalkan




BAB VI
ASURANSI RANGKAP DAN REASURANSI
A. ASURANSI RANGKAP
Asuransi rangkap terjadi apabila atas benda yang sama, evenemen yang sama dan waktu yang sama diadakan beberapa asuransi. Namun asuransi rangkap itu dilarang apabila asuransi pertama sudah diadakan dengan nilai penuh.

B. REASURANSI (ASURANSI ULANG)
Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992 Tentang Usaha Perasuransian mendefinisikan “ Usaha Reasuransi sebagai usaha yang memberikan jasa dalam asuransi ulang terhadap risiko yang dihadapi oleh perusahaan asuransi kerugian dan atau perusahaan asuransi jiwa”.
Pada perusahaan reasuransi, penanggung ulang menerima pengalihan risiko dari penanggung sehingga kedudukan penanggung adalah sebagai tertanggung dalam reasuransi (asuransi ulang). Hubungan hukum antara penanggung dan penanggung ulang didasarkan pada perjanjian.
Pada dasarnya polis reasuransi sama dengan polis asuransi. Syarat-syarat dan klausula-klausula yang terdapat dalam polis asuransi terdapat juga dalam polis reasuransi. Jadi dua polis itu seolah-olah bersambung satu sama lain. Kerugian yang wajib diganti oleh penanggung ulang, baik untuk seluruhnya maupun untuk sebagian saja.
Perubahan syarat-syarat dan janji-janji dalam polis asuransi harus mendapat persetujuan dari penanggung ulang yang mangakibatkan perubahan pula pada syarat-syarat dan janji-janji dalam polis reasuransi. Jika perubahan itu tidak diketahui oleh penanggung ulang, dapat mengakibatkan reasuransi itu batal atau dibatalkan.


BAB VII
ASURANSI KERUGIAN
A. ASURANSI KEBAKARAN
Asuransi kebakaran diatur dalam Buku I Bab 10 Pasal 287-Pasal 298 KUHD. Polis asuransi kebakaran adalah selain memenuhi syarat dalam Pasal 256 KUHD, juga harus memenuhi syarat dalam Pasal 287 KUHD. Adapun yang menjadi obyek asuransi kebakaran adalah dapat berupah benda tetap, serta benda bergerak yang terdapat didalam atau sebagai bagian dari benda yang bersangkutan. Evenemennya diatur dalam Pasal 290 KUHD.

B. ASURANSI LAUT
Asuransi laut diatur dalam:
1. Buku I Bab IX Pasal 246 - Pasal 286 KUHD tentang Asuransi pada Umumnya.
2. Buku II Bab IX Pasal 592- Pasal 685 tentang Asuransi Bahaya Laut, dan Bab X Pasal 686 - Pasal 695 KUHD tenatng Asuransi Bahaya Sungai dan Perairan Pedalaman.
3. Buku II Bab XI Pasal 709 - Pasal 721 KUHD tentang Avarai.
4. Buku II Bab XII Pasal 744 KUHD tentang Berakhirnya Perikatan dalam Perdagangan Laut.
5.
C. ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR
Asuransi kendaraan bermotor adalah asuransi kerugian yang tidak mendapat pengaturan khusus dalam KUHD. Polis standar asuransi kendaraan bermotor adalah sebagai berikut: (1) Wilayah Negara berlakunya asuransi; (2) Pembayaran premi; (3) pemberitahuan kecelakaan, tindakan pencegahan, tuntutan dari pihak ketiga, tuntuatn pidana tehadap tertanggung; (4) kerugian, ganti kerugian, asuransi rangkap, laporan tidak benar, subrogasi Pasal 284 KUHD, dan hilangnya hak ganti kerugian; (5) Perselisihan dan arbitase; (6) Berakhirnya asuransi kendaraan bermotor.
BAB VIII
ASURANSI JIWA
A. PENGERTIAN ASURANSI JIWA
Berdasarkan UU No. 2 Tahun 1992 Pasal 1 angka (1), menjelaskan bahwa asuransi jiwa adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung dengan menerima preni, untuk memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang diasuransikan. Sedangkan dalam KUHD, asuransi jiwa diatur dalam Buku I Bab X Pasal 302 – Pasal 308 KUHD.
B. POLIS ASURANSI JIWA
Menurut Pasal 304 KUHD, polis asuransi jiwa memuat: a) hari diadakan asuransi; b) nama tertanggung; c) nama orang yang jiwanya diasuransikan; d) saat mulai dan berakhirnya evenemen; e) jumlah asuransi; f) premi asuransi.

C. EVENEMEN DAN SANTUNAN
Dalam Pasal 304 KUHD yang mengatur isi polis, tidak ada ketentuan keharusan mencantumkan evenemen dalam polis asuransi jiwa, hal ini karena yang dimaksud bahaya dalam asuransi jiwa adalah meninggalnya orang yang jiwanya diasuransikan. Sedangkan kapan meninggalnya itu tidak dapat dipastikan. Apabila sampai berakhirnya jangka waktu asuransi, tertanggung belum meninggal, maka tertanggung berhak memperoleh sejumlah uang dari penanggung dengan jumlah sesuai dengan yang telah diperjanjikan.

D. ASURANSI JIWA BERAKHIR
Asuransi jiwa berakhir dikarenakan faktor: 1) Karena terajdi evenemen; 2) Karena jangka waktu berakhir; 3) Karena asuransi gugur; 4) Karena asuransi dibatalkan.


BAB IX
JENIS-JENIS ASURANSI SOSIAL
A. ASURANSI SOSIAL KECELAKAAN PENUMPANG (ASKEP)
Askep diatur dalam UU No. 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang, Lembaran Negara No. 137 Tahun 1964. Pihak dalam Askep adalah Perusahaan Negara (penanggung), dan tertanggung adalah setiap penumpang yang sah, yang wajib membayar iuran melalui perusahaan angkutan yang bersangkutan, kecuali penumpang angkutan umum. Dan yang menjadi evenemen adalah kecelakaan penumpang sebagai tertanggung.

B. ASURANSI SOSIAL KECELAKAAN LALU LINTAS JALAN (ASKEL)
Askel diatur dalam UU No. 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, Lembaran Negara No. 138 Tahun 1964, mulai berlaku 31 Desember 1964.
Pihak yang terlibat dalam Askel adalah pihak pemilik/pengusaha kendaraan bermotor (penyebab kecelakaan), pihak pengguna jalan raya bukan penumpang (korban kecelakaan), pihak peguasa dana (pemerintah BUMN). Sedangkan evenemen Askel adalah bergantung pada adanya alat angkutan lalu lintas jalan.

C. ASURANSI SOSIAL TENAGA KERJA (ASTEK)
Astek diatur dalam UU No. 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Lembaran Negara No. 14 Tahun1992. Pihak dalam Astek adalah pengusaha dan tenaga kerja. Premi dalam Astek adalah setiap iuran Progam Jamsostek yang disetor oleh pengusaha kepada Badan Penyelenggara. Iuran tersebut adalah Progam jaminan Kecelakaan Kerja, Progam jaminan kematian, Progam jaminan hari tua, dan Progam jaminan pemeliharaan kesehatan.

D. ASURANSI SOSIAL PEGAWAI NEGERI SIPIL (ASPENS)
Aspens diatur dalam PP No. 25 Tahun 1981 tentang Asuransi Sosial Pegawai Negeri Sipil, Lembaran Negara No. 37 Tahun 1981. PP ini merupakan pelaksanaan dari UU No. 11 Tahun 1969 tentang Pensiun Pegawai dan Pensiun Janda/Duda Pegawai, Lembaran Negara No. 42 Tahun 1969. Pihak dalam Aspens adalah setiap pegawai Negeri (tertanggung) dengan membayar iuran setiap bulannya sebesar 8 % dari penghasilan tanpa tunjangan pangan, dan penanggung adalah pemerintah (persero dalam hal ini adalah PT Taspen).

E. ASURANSI SOSIAL ABRI (ASABRI)
ASABRI diatur dala PP No. 67 Tahun 1991 tentang Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata RI, Lembaran Negara No. 87 Tahun 1991. Pihak dalam ASABRI adalah setiap prajurit ASABRI dan PNS Dephankam-ABRI (tertanggung), dan PT ASABRI (Persero) adalah pihak penanggung.
Jumlah premi yang wajib dibayar oleh prajurit ABRI dan PNS Dephankam-ABRI setiap bulan adalah 3,25% dari penghasilan setiap bulan. Dan evenemennya adalah peristiwa berhenti dari prajurit ABRI dan PNS Dephankam-ABRI karena pension, meninggal dunia, atau sebab lain yang mengancam kesejahteraan mereka (menagkibatkan berkurang atau hilangnya penghasilan mereka).

F. ASURANSI SOSIAL KESEHATAN
Askes diatur dalam PP No. 69 Tahun 1991 tentang Pemeliharaan Kesehatan PNS, Penerima Pensiun, Veteran, Perintis Kemerdekaan, Beserta Keluarganya, Lembaran Negara No. 90 Tahun 1991.
Pihak yang menjadi tetanggung dalam Askes adalah PNS, Penerima Pensiun, Veteran, Perintis Kemerdekaan, sedangkan yang menjadi penanggung adalah PT Askes Indonesia (Persero) yang mendapatkan tugas dari Badan Penyelenggara. Dan evenemen dalam Asuransi ini adalah keadaan sakit yang mengancam kesehatan peserta. Resikonya dimulai dari sejak awal peserta membayar iuran dan berakhir sejak peserta berhenti membayar iuran (Pasal 4 PP Nomor 69 Tahun 1991).


BAB X
ASURANSI SYARIAH
A. PENGEMBANGAN ASURANSI SYARIAH
Pada dasarnya, yang membedakan pelaksanaan asuransi konvensional dengan asuransi syariah yakni asuransi syariah menghapuskan unsur ketidakpastian riba, gharar, dan maisir, sehingga membuat ketidakraguan melakukan asuransi bagi masyarakat muslim.
Keputusan berekenaan dengan asuransi syariah:
1. Keputusan Menteri Keuangan RI No. 424/KMK.06/2003 tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Reasuransi.
2. Keputusan Menteri Keuangan RI No. 424/KMK.06/2003 tentang Perizinan Usaha dan Kelembagaan Perusahaan Perasuransian.
3. Keputusan Dirjen Lembaga Keuangan Keuangan No. Kep. 4499/LK/2000 tentang Jenis, Penilaian, dan Pembatasan Investasi Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi dengan sistem syariah.

B. Konsep Asuransi Syariah
M. Syakir Sula menegaskan bahwa konsep asuransi syariah adalah suatu konsep dimana terjadi saling memikul resiko diantara para peserta sehingga antara satu dan yang lain menjadi penannggung atas resiko yang muncul.

C. Asuransi Tafakul Keluarga (ATK)
Perusahaan ATK didirikan di Jakarta berdasarkan akta pendirian no. 47 tanggal 5 Mei 1994. Status hukum PT ATK merupakan subyek hukum kegiatan asuransi, sebagai badan hukum diakui pemerintah karena dibentuk pihak swasta.

D. Kegiatan Perusahaan ATK
1. Pembuatan kontrak (akad)
a. Gharar, untuk menghindarinya, ATK mengganti perjanjian pertukaran dengan perjanjian tolong-menolong.
b. Maisir, untuk menghindarinya, ATK mengubah akad jangka waktu dan membagi premi yang telah disetor kedalam dua rekening yang berbeda.
c. Bunga, pada ATK, masalah bunga dieliminasi dengan konsep bagi hasil.

2. Mekanisme pengelolaan dana
a. Premi dengan unsur tabungan, setiap peserta asuransi wajib membayar sejumlah uang pada perusahaan ATK, yang besranya bergantung dari keuangan peserta asuransi, yang mana premi tersebut dimasukkan dalam dua rekening, yaitu rekening tabungan peserta dan rekening tabarru’.
b. Premi tanpa unsur tabungan, premi yang telah disetor, langsung dimasukkan ke rekening.

3. Hak dan kewajiban peserta dan perusahaan asuransi
a. Hak dan kewajiban peserta
Berhak memperoleh informasi produk yang akan diikuti, meminta perubahan polis, mengambil nilai tunai, menerima klaim uang santunan.
Berkewajiban memberi keterangan lengkap dan jujur dengan mengisi surat pengajuan asuransi, membayar premi, mengajukan permohonan tertulis pada perusahaaan jika merubah polis atau mengambil uang tunai.

b. Hak dan kewajiban perusahaan
Berhak menerima pembayaran premi, meminta permohonan secra tertulis cari peserta berkenaan dengan perubahan polis, meminta dokumen yang dianggap perlu dalam pengajuan klaim.
Berkewajiban membayar klaim jika terjadi musibah, menolak/ menyetujui permohonan peserta asuransi dalam hal perubahan polis, menolak atau menyetujui permohonan peserta dalam hal pengambilan nilai tunai.

4. Syarat pembayaran klaim
a) Polis asli; b) Mengisi formulir pengajuan klaim; c) Fc. Identitas diri yang masih berlaku; d) Melampirkan surat pemberitahuan jatuh tempo tahapan (jika ada); e) Surat keterangan medis dari dokter atau RS yang merawat; f) Klaim harus dilengakpi dengan mengisi formulir daftar pernyataan untuk kalim (khusus untuk klaim meninggal dunia; g) Surat kematian dari instansi pemerintah yang berwenang; h) Surat keterangan dari dokter yang berisikan keteangan sebab-sebab meninggal; i) Surat keterangan dari polis bila meninggal karena kecelakaan.

5. Prosedur pembayaran klaim
a) Peserta asuransi melapor segera kepada perusahaan asuransi setelah terjadi peristiwa (evenemen); b) Peserta asuransi atau kuasanya mengisi formulir pengajuan klaim yang disedikan oleh perusahaaan asuransi; c) Peserta asuransi menyerahkan dokumen-dokumen pendukung klaim kepada perusahaan asuransi; d) Pembayaran klaim dilakukan di kantor pusat, cabang, perwakilan atau kantor yang ditunjuk oleh perusahaan asuransi.


Diambil dari literatur:
Prof. Abdulkadir Muhammad, S.H., Hukum Asuransi Indonesia, Bandung, PT. Citra Aditya Bakti, 2006. (410 halaman)